visitaaponce.com

Ini Daftar Makanan Tinggi Purin, Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Ini Daftar Makanan Tinggi Purin, Pantangan bagi Penderita Asam Urat
Makanan yang mengandung purin yang tinggi(istock)

PENYAKIT asam urat merupakan salah satu penyakit yang umum ditemukan di masyarakat. Penyakit ini, pada umumnya, disebabkan oleh makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Maka, tanpa memperhatikan jenis makanan dengan dikonsumsi, risiko asam urat akan semakin tinggi, sehingga dapat menyebabkan kondisi dari pengidap yang semakin parah. 

Pengertian purin

Purin merupakan molekul yang terbentuk dari atom karbon dan nitrogen. Molekul ini sangat umum ditemukan pada makhluk hidup, termasuk manusia. 

Baca juga: Lauk dan Sayuran Ini Bantu Turunkan Angka Asam Urat Lho

Pada manusia, purin dapat dibagi manjadi dua, yaitu endogen dan eksogen. Ketika purin endogen dan eksogen diproses pada tubuh, efek yang dapat ditimbulkan adalah asam urat. 

Asam urat yang tinggi, terjadi pada saat tubuh tidak bisa memproses purin secara optimal. Hal ini disebabkan kadar purin yang tinggi yang disebabkan oleh makanan yang akhirnya membuat kadar asam urat naik atau penumpukan asam urat di dalam darah. 

Makanan tinggi purin

Sederhananya, untuk menghindari asam urat adalah menjaga pola makan yang sesuai. Hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. Berikut ini adalah jenis makanan dengan kadar purin tinggi.

  1. Jeroan, seperti hati, ginjal, otak, dan organ dalam lainnya
  2. Daging, seperti daging sapi, domba, dan babi
  3. Kuah daging yang terlalu kental
  4. Minuman yang mengandung alkohol
  5. Jenis ikan teri, sarden, makarel, haring
  6. Kerang (OL-1)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat