visitaaponce.com

Mengenal Imam Al-Muzani Murid Imam Syafii dan Penolong Mazhab

Mengenal Imam Al-Muzani Murid Imam Syafii dan Penolong Mazhab
Ilustrasi.(DOK @fiqhgram.)

IMAM Syafii memiliki banyak murid. Salah satu muridnya yang terkenal menjadi imam, fakih, nan 'allamah, banyak memiliki karya ialah Ismail bin Yahya Al-Muzany Al-Misri atau Imam Al-Muzani. 

Guru utama beliau ialah Imam Asy-Syafi’i, meskipun beliau juga belajar dari ulama yang lain semisal Nu'aim bin Hammad dan Ma'bad bin Syaddad. Berikut sekilas tentang Imam Al-Muzani dilansir dari @fiqhgram di Instagram.

Imam Al-Muzani dikenal suka memandikan jenazah. Beliau--semoga Allah merahmatinya--berkata:

عانيت غسل الموتى ليرق قلبي، فصار ذلك لي عادة

"Aku selalu memandikan orang yang meninggal, supaya hatiku menjadi lembut (selalu ingat kematian). Akhirnya hal ini menjadi kebiasaanku."

Utsman Al-Makki memberikan kesaksian tentang kesalehan beliau.

ما رأيت أحدًا من المتعبدين في كثرة من لقيت منهم أشد اجتهادا من المزني، ولا أدوم على العبادة منه، ولا رأيت أحدًا أشد تعظيما للعلم وأهله منه

"Tidak pernah aku melihat dari sekian banyak ahli ibadah yang begitu tekun dan istikamah melebihi Al-Muzani. Aku juga tidak pernah melihat seorang yang sangat mengagungkan ilmu dan ulama daripada beliau."

Baca juga: Pandangan Islam tentang Childfree atau tidak Ingin Punya Anak

Imam Asy-Syafi'iy--semoga Allah merahmati beliau--mengatakan tentang Imam Al-Muzani.

المزني ناصر مذهبي

"Al-Muzani adalah penolong mazhabku."

Di antara karya beliau yang paling terkenal ialah Mukhtasar Al-Muzani yang merupakan kitab induk. Dari sinilah, silsilah kitab mazhab Syafii berawal. Kebanyakan kitab-kitab mazhab Syafii jika ditelusuri asal-muasalnya akan bermuara pada kitab beliau.

Imam Al-Muzani wafat bertepatan pada Rabu 24 Rabiul Awal 264 H. Beliau disalati oleh teman seperguruannya Rabi' bin Sulaiman Al-Muradi, yang sama- sama merupakan murid langsung dari Imam Asy-Syafii. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat