visitaaponce.com

Kemenkes Cek Dugaan Flu Burung di Kalsel

Kemenkes Cek Dugaan Flu Burung di Kalsel
Ilustrasi: petugas melakukan pengawasan pasar unggas di Kalimantan Selatan.(MI/Denny Susanto Ainan )

DUGAAN flu burung di Kalimantan Selatan (Kalsel) masih dilakukan pengecekkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal itu untuk memastikan varian yang dimaksud merupakan flu burung atau bukan.

"Yang di Kalimantan Selatan kita lagi cek apakah variannya benar-benar flu burung kita lagi cek. Tapi yang jelas penularannya bukan dari manusia ke manusia tapi dari hewan," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Baca juga: Menkes: Saya Mau Harga Obat di Indonesia Murah dan Transparan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan surat kerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk memastikan jika ada indikasi kematian unggas yang signifikan melakukan koordinasi dengan Kemenkes. Karena yang dikhawatirkan bisa menular dari hewan ke manusia.

Sementara sampai sekarang yang terjadi di Kamboja semua flu burung penularannya terjadi dari hewan ke manusia bukan dari manusia ke manusia.

"Mudah-mudahan juga nggak terjadi dari manusia ke manusia. Jadi kita identifikasi hewan, kalau unggasnya banyak mati kita kejar, itu yang kita masih double cek di Kalimantan Selatan apakah variannya flu burung," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Pemprov Kalimantan Selatan mengimbau kepada warganya agar berhati-hati dan waspada bangkitnya kembali virus flu burung dengan clade baru 2.3.4.4b yang teridentifikasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat