visitaaponce.com

Di Puncak Karir, Suga Hampir Menyerah saat Cedera

Di Puncak Karir, Suga Hampir Menyerah saat Cedera
Weverse membagikan foto Suga di hari ulang tahunnya yang ke-30, Kamis (9/3/2023)(Dok. Ist)

MENJADI rapper top dengan penggemar jutaan orang, Suga anggota grup musik asal Korea Selatan BTS mengaku pernah menyerah dalam perjalanan karir menjadi idol. Cedera bahu yang Ia dapatkan saat nyambi jadi pengantar makanan (delivery man) saat masih trainee, mengharuskan Suga membatasi aktivitasnya. 

Kesulitan finansial membuat pemilik nama asli Min Yoon-gi ini menjalani sambilan pada 2012 lalu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, pasca kecelakaan, rapper tercepat BTS ini tidak langsung menjalani pengobatan. 

Dilansir dari Koreaboo, hingga 2019 Suga menahan sakit akibat robekan labral posterior pada bahu kiri. Cedera ini mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi bahu Suga robek.

Baca juga: Pelantun Daechwita Sumbang Rp1 Miliar bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

Setelah melakukan operasi pada November 2020 silam, Ia harus menjalani pemulihan sehingga dia tidak dapat mengikuti sejumlah kegiatan BTS kala itu. 

Namun, selama menjalani pemulihan, Suga aktif berkarya dengan menciptakan dan memproduseri banyak lagu. Lagu ‘Tomorrow’ yang ada di album debut BTS, Skool Luv Affair, dibuat oleh suga saat masih menjadi trainee. Suga mengingatnya sebagai lagu yang sangat ia sukai. Apalagi, ia membuatnya kala masih duduk di bangku SMA.

Baca juga: Lamaran Nikah Banjiri Hari Ulang Tahun Suga BTS

Suga BTS BTS juga mengerjakan melodi dan lirik lagu itu ketika masih dirawat di rumah sakit setelah operasi usus buntu. Hal ini membuktikan produktivitasnya sebagai seorang produser. Setelah mengeluarkan, ‘Tomorrow’ lagu ini jadi paling disukai banyak orang berkat maknanya yang positif dan memotivasi untuk mengejar impian.

Dilansir allkpop, Suga tidak hanya menciptakan ‘Tomorrow’ saat sibuk sebagai trainee, ia juga membuat lagu "Jump" bareng RM pada masa pelatihannya, yaitu tahun 2010. Lagu itu kemudian diaransemen untuk disesuaikan dengan ketujuh member BTS sebelum rilis di album debut mereka.

itu, belum lama ini Suga berpartisipasi sebagai produser dalam lagu terbaru PSY yang bertajuk That That. Suga terlibat dalam komposisi musik, instumental, lirik, hingga tampil di video musik lagu tersebut.

Selain itu, Suga pernah menjadi produser dari lagu IU, Haize, hingga penyanyi asal Amerika Serikat Halsey, Maxx dan Juice Wrld. 

Seperti yang diketahui, Suga BTS genap berusia 30 tahun pada 9 Maret 2023. ARMY di seluruh dunia pun beramai-ramai merayakan dengan mengucapkan berbagai harapan dan doa untuknya di media sosial. Dirinya juga menyempatkan diri melakukan live streaming di Weverse saat pergantian hari tiba. 

Antusiasme ARMY dalam merayakan ulang tahun tersebut membuktikan popularitas Suga. Ia memang jadi idola bagi berbagai kalangan karena talenta, pesona, dan kerja kerasnya dari dulu sampai sekarang. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat