visitaaponce.com

Mensos Beri Pendampingan Serius kepada Anak Korban Rudapaksa

Mensos Beri Pendampingan Serius kepada Anak Korban Rudapaksa
Ilustrasi(Medcom.id)

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan perhatian serius kepada anak yang menjadi korban rudapaksa, salah satunya R (6) yang tinggal di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Ia menjadi korban rudapaksa teman dekat ibunya.

Perhatian serius itu ditunjukkan Risma dengan mengunjungi langsung korban dan juga keluarganya.

Dalam kunjungan itu, Risma membawakan oleh-oleh mainan dan pakaian dengan harapan korban bisa Kembali ceria. Tidak hanya untuk korban, dia juga membawakan mainan untuk kedua sepupu korban yang ada di tempat ia tinggal saat ini.

Baca juga: Polisi Sebut Pelaku Rudapaksa di Jalan Tol Tangerang Seorang Residivis

"Melalui Ditjen Rehabilitasi Sosial Anak dan Sentra Satria Baturraden, kami memberikan bantuan kepada korban berupa pendampingan psikososial, mengingat kondisi psikologis korban yang saat ini mengalami trauma yang cukup berat. Pendampingan dan bimbingan konseling yang diberikan merupakan salah satu upaya untuk pemulihan psikis korban," ujar Risma melalui keterangan resmi, Jumat (10/3).

Tidak hanya kepada korban, pendampingan juga diberikan kepada ibu korban yang merupakan penyandang disabilitas. Kemensos memberikan rujukan terhadap ibu korban ke RSUD Banyumas guna mendapatkan perawataan terkait ganguan kejiwaanya.

Baca juga: Marak Ngemis di Tiktok, Mensos Keluarkan Edaran Larangan Eksploitasi Lansia

Mantan wali kota Surabaya itu juga memerintahkan, sebagai bentuk perlindungan sosial, R dapat tinggal di Sentra Satria Baturraden untuk menjamin keamanan dan keselamatan korban yang merupakan anak di bawah umur.

“Kemensos juga memberikan pendampingan hukum kepada korban selama proses BAP di Unit PPA Polres Purbalingga. Pada kesempatan ini, Risma menyampaikan agar kasus ini menjadi pembelajaran untuk semua dan tidak ada lagi kasus rudapaksa anak di bawah umur,” tuturnya.

Selain bantuan pendampingan psikososial, Kemensos juga memberikan bantuan kewirausahaan berupa kompor gas, alat pemanggang, dan frozen food kepada keluarga korban agar dapat meningkatkan taraf hidup untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Kepada korban juga diberikan bantuan sembako, nutrisi tambahan, alat perlengkapan diri, peralatan sekolah, alat peraga edukatif, kasur, bantal, sprei, pakaian anak. Total bantuan yang diserahkan senilai Rp16.045.600.

Risma juga meminta kepolisian untuk memeberi hukuman seberat-beratnya kepada pelaku rudapaksa. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat