visitaaponce.com

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub
Ilustrasi penumpang menunggu bus untuk mudik.(Antara/Sigid Kurniawan )

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dalam keterangan resmi menjabarkan syarat dan ketentuan mudik gratis 2023, antara lain:

  • Pendaftaran melalui aplikasi mobile MitraDarat.
  • Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar seperti KTP.
  • Setiap peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.
  • Bila peserta mudik gratis akan mengikuti mudik-balik (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih.
  • Peserta diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi ulang di posko yang telah ditentukan. Apabila lewat H+7, peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap hangus dan tidak bisa mendaftar ulang. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pun akan terblokir oleh sistem. Hal ini agar memberikan kesempatan bagi peserta lain yang ingin mendaftar program mudik gratis Kemenhub.
  • Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat-surat kendaraan, seperti surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan. 

Baca juga: Kemenhub Gelar Mudik Gratis 2023, Tersedia 24 Ribu Kursi Bus

Daftar Tujuan Mudik Gratis 2023

Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Jawa Tengah-DI Yogyakarta sebanyak 18 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Jawa Timur yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung dan terakhir wilayah Sumatra 2 kota yaitu Lampung dan Palembang.

Baca juga: Menhub Imbau Pemudik Manfaatkan Mudik Gratis 2023 Ketimbang Naik Motor

Daftar Arus Balik

Kota keberangkatan atau asal arus balik yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta. 

(Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat