visitaaponce.com

Temui Perwakilan Norwegia, Menteri LHK Beberkan Capaian Pengurangan emisi GRK

Temui Perwakilan Norwegia, Menteri LHK Beberkan Capaian Pengurangan emisi GRK
Menteri Lingkungan Hifup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar(Antara/Fikri Yusuf)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melakukan pertemuan dengan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Rut Kruger Giverin, di Jakarta, Senin (13/3).

Pada pertemuan tersebut, Siti menyampaikan sejumlah hal krusial, di antaranya adalah perkembangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Norwegia, dan Contribution Agreement (CA) mengenai kontribusi berbasis hasil untuk pengurangan emisi.

Kedua belah pihak menilai kerangka kebijakan dan peraturan Indonesia untuk mengurangi emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya yang didukung lebih lanjut oleh kontribusi Norwegia, telah memberikan hasil yang mengesankan.

Baca juga: Kesadaran Memilah Sampah Dimulai dari Skala Rumah Tangga

Selanjutnya, Siti menjelaskan bahwa Laporan Indonesia’s 3rd Biennial Update Report di November 2022 mencatatkan  capaian kinerja pengurangan emisi GRK Indonesia dari pelaksanaan REDD+ periode tahun 2018-2020 sebesar kurang lebih 577 juta ton CO2e.

Analisis teknis oleh UNFCCC atas laporan tersebut menyatakan bahwa data informasi dan metodologi pengukuran capaian kinerja REDD+ Indonesia adalah transparan, konsisten, lengkap, akurat, dan komprehensif.

Baca juga: Menteri LHK Canangkan Gerakan 'Nasional Compost Day, Kompos Satu Negeri'

"Angka kinerja ini bukan angka estimasi Pemerintah Indonesia sendiri, melainkan angka yang telah diverifikasi oleh UNFCCC pada November 2022," ujar Siti melalui keterangan resmi.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Rut Kruger menyampaikan apresiasi atas capaian luar biasa Indonesia tersebut. Dia menyatakan bahwa Pemerintah Norwegia mengapresiasi pola kerja teknis Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Untuk selanjutnya, kedua belah pihak sepakat membentuk Joint Working Group untuk membahas lebih lanjut hal tersebut.

Selanjutnya, Menteri LHK Siti Nurbaya diagendakan bertemu Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Erling Rimestad, pada Selasa (14/3). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat