visitaaponce.com

Kemenag Imbau Masyarakat Jalankan Ibadah Puasa dengan Kondusif

Kemenag Imbau Masyarakat Jalankan Ibadah Puasa dengan Kondusif
Warung makan memasang tirai saat bulan suci Ramadan di kawasan Cinere, Jakarta, Kamis (23/3/2023).(MI/Susanto)

JURU Bicara Kementerian Agama (Kemenag) Anna Hasbie meminta agar masyarakat menjalankan ibadah puasa dengan kondusif. Dia juga meminta bantuan dari aparat penegak hukum untuk berperan serta dalam mengamankan dan memastikan penyelenggaraan ibadah puasa tetap damai dan tentram.

Anna mengingatkan masyarakat apabila ingin menjalankan tradisi sahur on the road (SOTR) atau ngabuburit sebaiknya lakukan dengan tujuan beribadah. 

“Jangan sampai menimbulkan kegaduhan apalagi memicu aksi tawur. Puasa itu ibadah sunyi. Kalau bisa manfaatkan momen ini fokus saja untuk beribadah dan dekatkan diri kepada Tuhan. Kalau sampai membuat gaduh tentu itu bertentangan dengan makna puasa itu sendiri,” ujar Anna kepada Media Indonesia, Kamis (23/3).

Baca juga: Polda Sumut Larang Masyarakat Sweeping, Konvoi dan Nyalakan Petasan saat Ramadan

Jubir Kemenag itu juga mengimbau agar tidak ada lagi aksi atau razia warung makan di berbagai daerah. 

“Ini wilayahnya aparat penegak hukum sekali lagi. Kami dari Kemenag hanya sebagai lembaga pembinaan umat. Semestinya tidak ada lagi peristiwa razia atau penggerebekan warung makan. Kalau iman kita kuat, seharusnya kita tidak perlu terganggu dengan adanya warung makan. Mohon dibantu, ya, aparat penegak hukum, polisi, dibantu agar masyarakat yang ingin beribadah serius bisa kondusif,” tandasnya. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat