visitaaponce.com

Prediksi Lonjakan Pemudik Jadi Alasan Utama Perpanjang Cuti Bersama

Prediksi Lonjakan Pemudik Jadi Alasan Utama Perpanjang Cuti Bersama
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy(MI/Dwi Apriani )

PERTIMBANGAN memperpanjang cuti bersama Lebaran hari raya Idulfitri 1444 Hijriah dari sebelumnya 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023 karena diperkirakan akan terjadi lonjakan pemudik pada Lebaran kali ini.

"Pertimbangan utama untuk memperpanjang masa keberangkatan mudik karena mudik tahun ini diperkirakan akan mengalami lonjakan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat dihubungi, Sabtu (25/3).

Sehingga diharapkan dapat mengurai arus lalu lintas di beberapa titik agar tidak terjadi kemacetan yang parah. Saat ini pertimbangan tersebut baru akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Jubir Kemenag Sebut Perubahan Cuti Hari Raya Sudah Ada Perhitungannya

"Baru akan diusulkan kepada bapak presiden. Karena perubahan cuti bersama harus dengan peraturan presiden (Perpres)," ujarnya.

Diketahui berdasarkan data Kementerian Perhubungan jumlah pemudik lebaran 2022 mencapai 85 juta orang dan 14 juta di antaranya berasal dari pemudik Jabodetabek.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Semua Jalan Siap Digunakan Untuk Mudik Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pada tahun ini terjadi kenaikan angka pemudik. Diperkirakan mencapai 123 juta orang yang akan mudik.

Lonjakan tersebut tentunya perlu dilakukan penguraian agar tidak terjadi kemacetan di jalanan. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat