visitaaponce.com

BMKG Gempa 2,7 Magnitudo Cianjur Bersumber dari Sesar Cugenang

BMKG: Gempa 2,7 Magnitudo Cianjur Bersumber dari Sesar Cugenang
Suasana pemukiman warga yang rusak terdampak gempa di Sukamulya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022).(ANTARA/NOVRIAN ARBI )

PADA Minggu (26/3) pukul 16:13:45 WIB, wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M 2,7.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, episenter terletak pada koordinat 6.86 LS dan 107.1 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Daya Kabupaten Cianjur pada kedalaman 11 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Cugenang," kata Daryono.

Baca juga: Menjaga Heritage Gedung Maconieke Lodge

Ia membeberkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cugenang, Cipanas dengan Skala Intensitas III MMI. Sementara di Cibeber, Warungkondang, Cianjur dengan Skala Intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ucapnya.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Minggu 26 Maret 2023 pukul 16:46 WIB telah terjadi gempabumi di wilayah Cianjur sebanyak 533 kali. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat