visitaaponce.com

Jumlah Masjid di Indonesia Ada Berapa Ini Jawabannya

BANYAK negara yang masjid-masjidnya dibangun oleh pemerintah, namun tidak dengan Indonesia karena sebagian besar dibangun justru dari swadaya masyarakat. Mau tahu berapa jumlah masjid di Indonesia saat ini?

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengungkapkan, jumlah masjid di Indonesia lebih dari 800 ribu, dan itu sudah termasuk musala.

"Di Indonesia, lebih dari 800.000 masjid dan musala, hampir satu juta, di setiap jalan kampung pasti ada," kata Jusuf Kalla, saat ceramah Public Lecture menjelang Salat Tarawih di Masjid Kampus UGM, Jumat (31/3) malam.

Kalla lalu membandingkan dengan Malaysia yang jumlah penduduknya mencapai 30 juta, tetapi masjid hanya sekitar 760 unit.

Hal serupa, kata Kalla, juga terjadi di Arab Saudi yang jumlah masjidnya tidak sebanyak di Indonesia.

Kalla pun meyakini, Masjid Kampus UGM pun didirikan dari sumbangan banyak pihak.

Jika negara yang bangun sebuah masjid, kata Kalla, ceramahnya harus sesuai dengan kebijakan negara. Di Indonesia, begitu penceramah naik mimbar kadang-kadang langsung kritik pemerintah.

"Kalau di Malaysia, langsung ditangkap polisi. Apalagi, di Arab Saudi 10 tahun penjara itu," kata Wakil Presiden RI periode 2004-2019 dan 2014-2019.

Karena itu, ia pun mengatakan, umat Islam di Indonesia patut berbahagia. Ia pun mengingatkan agar masjid dimanfaatkan sebaik mungkin, pada tempatnya. "Kita dapat menyampaikan hal-hal yang menurut kita penting," ucap JK.

Di sisi lain, karena banyaknya jumlah masjid , DMI kerap mengingatkan agar suara pengeras masjid diatur. Pasalnya, sering kali suara pengeras masjid terdengar hingga masjid di dekatnya sehingga membuat suara berbenturan menjadi tidak jelas.

Data Kemenag

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan, jumlah masjid dan musola yang terdata saat ini ada 660.290 buah, dimana 298.101 di antaranya adalah masjid.

Jumlah tersebut merujuk pada data SIMAS (Sistem Informasi Masjid) yang dimiliki Kementerian Agama (Kemenag). Menag mengatakan masih banyak masjid dan mushola yang belum masuk pada pangkalan data SIMAS.

“Dari jumlah ini saja, masjid besar (masjid pada level kecamatan) berjumlah 5.083 buah.  Sedangkan pada masjid jami (masjid pada level desa/kelurahan) berjumlah paling banyak, yakni 241.402 buah,” kata Menag dalam sambutan acara Sarasehan Nasional Kemasjidan 2023, pada 16 Maret 2023. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat