visitaaponce.com

Panja DPR Akan Bahas 3.020 DIM RUU Kesehatan

Panja DPR Akan Bahas 3.020 DIM RUU Kesehatan
Ilustrasi(DOK. MI)

PEMERINTAH melalui Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) resmi menyerahkan 3.020 daftar inventaris masalah (DIM) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan ke Komisi IX DPR. Berikutnya, calon beleid itu akan dibahas di panitia kerja (panja).

"Kita sudah resmi terima DIM resmi, berikutnya akan dibahas di panja RUU kesehatan ini," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena di Ruang Komisi IX, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (5/4).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah mendukung RUU kesehatan tersebut. Karena sejalan transformasi sistem kesehatan Indonesia.

Baca juga: Hari Ini, Pemerintah Berikan DIM RUU Kesehatan pada DPR

"Misal untuk transformasi layanan primer, masih banyak layanan geser ke kuratif bukan promotif, preventif. Harus lebih banyak promotif dan preventif. Pendekatan ke masyarakat juga masih kotak-kotak, petugas datang dites malarianya, besok jantungnya, padahal orangnya sama," jelas Budi.

Sebanyak 10 Undang-Undang Kesehatan eksisting bakal digabung menjadi satu di dalam RUU Kesehatan. Terdapat 478 pasal dalam calon beleid tersebut.

Baca juga: Pendidikan Dokter Spesialis akan Didesentralisasi

Budi juga menuturkan berbagai topik dimasukkan dalam RUU Kesehatan. Beberapa topik juga merupakan masukan dari publik.

"Paling ramai, yaitu mengenai rumah sakit, nakes, aborsi, jaminan sosial, kemandirian alat kesehatan," ucap Budi. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat