visitaaponce.com

RICMA Gelar The 12th Ramadhan Jazz Festival 2023 dengan Pesan Cinta dan Kedamaian

RICMA Gelar The 12th Ramadhan Jazz Festival 2023 dengan Pesan Cinta dan Kedamaian
Penyanyi Mahalini turut menyemarakkan Ramadhan Jazz Festival 2023 yang digelar Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA).(Ist)

REMAJA Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival 2023”.

Acara ini kembali digelar ke-12 kalinya untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1444 H, dan membawa tema Harmony Our Culture dengan tagline #ItsAllAboutUs yang diharapkan dapat membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mundur11 tahun yang lalu, RICMA mendapatkan tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerja sama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak muda.

Baca juga: Lomba Adzan Anak-anak yang Digelar SalicylKF Pecahkan Rekor MURI

Bentuk Syiar dan Tingkatkan Tali Silaturahmi

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an kita bersama.

Islam juga mengajarkan hamba-Nya untuk saling mengingatkan, tolong menolong, serta saling berbuat baik yang dilandasi rasa cinta kasih.

Mengutip firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 4, yakni “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia- lah Rabb Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana”.

Baca juga: Konser Cinta Menuju Lailatul Qadar, Persembahan NUPro Music di Ujung Ramadan

Dengan bahasa yang baik serta dilandasi ketulusan cinta kepada Allah SWT dan sesama, maka diharapkan pesan damai dan harmoni Ramadhan Jazz Festival dapat diterima tidak hanya oleh warga Jakarta, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia.

Pada hari pertama Ramadhan Jazz Festival Jum’at, 7 April 2023 dihadiri oleh segenap tamu undangan seperti, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang juga memberi sambutan di Ramadhan Jazz Festival tahun ini, juga Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar ikut menghadiri Ramadhan Jazz Festival.

Dibuka dengan Penampilan Maliq&D’Essentials

Sambutan perwakilan RICMA menjadi pembuka di Ramadhan Jazz Festival tahun ini, setelah itu diisi oleh performance pertama dari Maliq&D’Essentials, dilanjut dengan performance Nadin Amizah dengan lagu Bertaut.

Selanjutnya Gery Gany, Alfie Alfandy membawakan Halusinasi, selanjutnya Barry Likumahuwa Jazz Conection dengan lagu Trust&Faith.

Pengisi acara terakhir di hari pertama yaitu Rizky Febian menyanyikan Ramadhan Datang, dilanjut dengan Terlukis Indah menutup hari pertama Ramadhan Jazz Festival dengan lagunya yang berjudul Penantian.

Untuk dapat menghadiri Ramadhan Jazz Festival, pengunjung hanya perlu melakukan donasi yang seluruhnya akan disalurkan untuk kegiatan Social Activity Ramadhan Jazz Festival 2023.

Donasi untuk Kelompok ODGJ

Inshaa Allah, kegiatan Social Activity kali ini bekerja sama dengan platform Kitabisa.com yaitu dengan cara berdonasi untuk sekelompok orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang kurang diperhatikan.

Beberapa ODGJ ini tidak memiliki tempat tinggal dan kehidupan yang layak, sedangkan ODGJ juga manusia yang memiliki hak untuk hidup seperti manusia pada umumnya.

Oleh sebab itu, kami memanfaatkan momen Ramadhan ini sebagai bentuk upaya untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya dengan cara mewujudkan kegiatan sosial ini.

Baca juga: Aeon Mall Sentul City Berdonasi dan Buka Puasa Bersama Anak-Anak Yatim

Muhammad Fathuroziq selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2023 menyatakan, “Ramadhan Jazz Festival memiliki keunikan tersendiri dari acara musik lainnya. Agenda besar dari acara ini adalah untuk melakukan dakwah atau syiar agama Allah dengan cara yang lebih mudah diterima terutama oleh anak-anak muda."

"Selain itu juga, untuk masuk ke acara ini tidak memerlukan tiket masuk, tetapi kita mengajak masyarakat untuk melakukan donasi dimana tahun ini dimana seluruh hasil donasi akan disalurkan kepada teman- teman penderita ODGJ yang kurang diperhatikan. Inshaa Allah, Allah SWT Maha Mengetahui segala hal baik yang kita usahakan dan lakukan di dalam acara ini semata-mata hanya untuk mencari ridho-Nya,” jelas Fathuroziq.

Baca juga: Ramadan Jazz Festival 2019 Ajak Masyarakat Kembali Bersatu

Sementara itu, Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF mengungkapkan, “Alhamdulillah dapat menjadi sarana dakwah kekinian yang Insya Allah akan terus relevan dikalangan muda atau millenials."

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan menebarkan manfaat dari kegiatan ini baik dari penyelenggara, penampil, pendukung ataupun penonton yang hadir ataupun yang menonton live streamingnya. Kekuatan RJF adalah pada pesan dakwah yang disampaikan dalam gaya dan cara yang tak biasa,” papar Agus.

Dalam acara Main Event Ramadhan Jazz Festival 2023 tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh- tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negaranegara sahabat.. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat