visitaaponce.com

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV Sejak Dini

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV Sejak Dini
Ilustrasi(Freepik)

VAKSIN HPV penting diberikan kepada semua perempuan sejak usai dini untuk mencegah terjadinya kanker mulut rahim atau kanker serviks. Hal itu dikatakan dokterspesialis Obstetri dan Ginekologi Junita Indarti.

"Semua perempuan harus diberikan vaksinasi HPV. Bahkan lebih baik jika vaksinasi HPV diberikan sebelum kontak seksual, pada usia dini di bawah 14 tahun, antara 10 dan 14 tahun," ujar Junita, dikutip Jumat (14/4).

Dokter yang menamatkan pendidikan kedokteran umum dan spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menambajkan kanker serviks, yang 99,7% disebabkan oleh virus human papiloma atau HPV bisa disegah melalui deteksi dini melalui pap semar atau inspeksi visual asal asetat (IVA).

Baca juga: Dokter Sebut tidak Ada Obat untuk Infeksi HPV

Saat ini, pemerintah telah mendorong pemberian vaksin HPV bagi semua perempuan dengan diutamakan bagi yang berusia di bawah 14 tahun.

Pemberian vaksin di usia dini itu dinilai dapat memberikan reaksi yang sangat baik dan hanya membutuhkan dua kali suntikan setahun. Bandingkan dengan jika di atas 14 tahun, vaksin perlu diberikan 3 kali dalam 6 bulan.

Baca juga: Vaksin HPV untuk Anak Efektif Cegah Kanker Serviks

Virus HPV, kata Junita, dapat berkembang dalam jangka waktu 3 hingga 20 thaun dan lebih dari 90% tanpa gejala. Sehingga, jika tidak dideteksi dini akan sangat disayangkan. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat