visitaaponce.com

Tips Cari Pekerjaan untuk yang Resign Setelah Lebaran

Tips Cari Pekerjaan untuk yang Resign Setelah Lebaran
Seorang pencari pekerjaan tengah mengikuti proses rekrutmen di sebuah restoran.(AFP/SCOTT OLSON)

BANYAK karyawan yang biasanya mengundurkan diri dari pekerjaannya setelah Lebaran. Umumnya mereka memang menunggu THR, baru lah mengajukan pengunduran diri.

Mencari tantangan baru dan juga ada peluang untuk meningkatkan angka gaji menjadi biasanya motivasi utama mengapa mereka memilih menyudahi masa baktinya di tempat lama.

Namun, akan menjadi masalah jika berhenti kerja, tapi belum memiliki pekerjaan baru. Terutama di tengah persaingan yang ketat di dunia kerja yang terjadi saat ini. Selain itu, proses rekrutmen atau melamar kerja pun dapat berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Baca juga: Ini 5 Tips Anti-Ghosting saat Proses Rekrutmen Bagi Perusahaan dan Pencari Kerja

Untuk memaksimalkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan baru, JobStreet, mengutip dari Antara, membagikan sejumlah tips bagi karyawan yang akan mencari pekerjaan baru pasca-resign setelah lebaran.

Berikut empat tips tersebut:

Lakukan riset seputar perusahaan dan jabatan yang diincar

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu melakukan riset terhadap perusahaan serta jabatan yang ingin dilamar. Langkah ini penting dilakukan sebelum memutuskan untuk melamar ke sebuah perusahaan. Dengan melakukan riset, pelamar dapat terlihat menjadi kandidat terdepan dengan pengetahuan yang baik mengenai perusahaan serta jabatan yang dilamar.

Perbarui CV dan siapkan cover letter yang sesuai

Setelah melakukan riset, pastikan sudah memperbarui CV sesuai dengan perkembangan karier yang sudah dijalani. Jangan lupa, siapkan pula cover letter yang menarik agar mudah dilirik oleh perekrut. Bisa juga menambahkan beberapa keyword atau kata kunci yang sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki sehingga dapat menarik perhatian perekrut dengan mudah.

Perbarui dan lengkapi profil JobStreet 

Tak hanya CV, pelamar juga disarankan melakukan pembaruan atau melengkapi data serta pencapaian terbaru yang sudah didapat di kantor sebelumnya di halaman profil JobStreet. Hal ini tentunya juga dapat mempermudah perekrut untuk melakukan seleksi terhadap kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan mereka.

Baca juga: Job Fair Untuk Disabilitas Jakarta Diserbu Para Pencari Kerja

Lakukan follow-up kepada HR

Pelamar dapat melakukan follow-up mandiri kepada perekrut dengan menanyakan kelanjutan atau hasil akhir dari rekrutmen terhadap jabatan yang dilamar. Saat follow-up, terapkanlah etika komunikasi yang baik dan
sopan, serta pada waktu yang sesuai.

Hal ini dapat memperlihatkan bahwa yang menghubungi adalah kandidat yang profesional dan dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan perekrut. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat