visitaaponce.com

Obat Demam di Apotek yang Cepat Menurunkan Suhu Tubuh

Obat Demam di Apotek yang Cepat Menurunkan Suhu Tubuh
Ilustrasi - mengatasi demam dengan obat apotek(Pexels)

DEMAM merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami gejala kenaikan suhu secara tiba-tiba. Demam mengindikasikan adanya infeksi, radang, atau imun yang tidak optimal dalam tubuh.

Selain itu demam kerap diikuti dengan gejala seperti pegal-pegal, menggigil, sakit kepala, keringat yang berlebihan, dan juga lemas. Kondisi itu menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderita. 

Berbagai jenis obat demam dapat anda konsumsi. Karena umumnya obat demam dapat ditemukan di berbagai apotek terdekat. 

Baca juga: Alami Gejala Covid-19 Arcturus? Lakukan Tes Antigen dan Isolasi Diri

Kendati demikian, beberapa jenis demam merupakan suatu gejala dari penyakit serius. Lebih baik, konsultasikan dulu kepada dokter atau ahli kesehatan sebelum membeli obat demam. 

Sebenarnya, demam dapat diturunkan dengan berbagai cara. Selain dengan mengonsumsi obat-obatan kimiawi, kompres air hangat juga dapat dilakukan. Namun, obat kimiawi memang lebih mudah dan efektif.  Dilansir laman alodokter, berikut adalah daftar obat penurun demam.

Baca juga: Luruskan Hoaks Seputar MSG, P2MI Menggelar Workshop

1. Sanmol

Sanmol mengandung paracetamol yang dapat membantu meredakan demam, sakit kepala, dan gejala meriang. Sanmol biasanya berbentuk tabet, sirup, dan ada juga yang tetes.

2. Panadol

Panadol menjadi salah satu jenis obat demam yang mudah ditemukan. Panadol mengandung paracetamol yang mampu mengatasi zat pemicu nyeri dan panas pada saat demam. Oleh karena itu obat ini dapat mengatasi demam dan nyeri. 

3. Biogesic

Obat ini bekerja dengan membuat pusat pengatur suhu tubuh di otak dapat bekerja secara normal. Selain itu, obat ini juga dapat menekan produksi prostaglandin yang dapat menurunkan demam, meredakan sakit kepala, sakit gigi, dan bahkan nyeri haid. 

4. Vermin

Vermin merupakan obat yang mengandung ekstrak cacing tanah. Sifat antioksidan pada kandungan asam fenolik cacing tanah, dapat mengatasi peradangan yang menyebabkan demam pada tubuh. 

5. Bufect

Bufect merupakan jenis obat demam yang mengandung ibuprofen. Dengan itu, obat ini dapat mengatasi radang, serta gejalanya seperti nyeri, bengkak, atau demam. Bufext dapat ditemukan di apotik dan umumnya berbentuk tablet dan suspensi cair.(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat