visitaaponce.com

Jangan Panik Ini kiat Ketika Ditinggal Asisten Rumah Tangga Mudik

Jangan Panik! Ini kiat Ketika Ditinggal Asisten Rumah Tangga Mudik
Ilustrasi - jangan panik ketika ditinggal asisten rumah tangga mudik.(123RF)

KAMU panik ketika pembantu pulang kampung? Jelang lebaran, biasanya para asisten rumah tangga (ART) memutuskan mudik. Saat ditinggal mereka, terkadang kita panik memikirkan keadaan rumah yang akan kacau balau. 

Apalagi kamu yang terbiasa segala sesuatu dilakukan ART. Sekarang tanpa ART kamu harus melakukan semua sendiri, dari mulai mencuci baju, menyapu, mengepel, bahkan memasak.

Haduhh membayangkannya saja sudah malas, apa lagi melakukannya?

Baca juga: NasDem Sudah Minta RUU PPRT Segera Masuk Paripurna

Sudah buat capek, kotor, lapar, duhhh pasti mager banget! Tapi coba kamu pikir lagi, memang mau rumah kotor dan tidak tertata akibat rasa capek dan malas? Nggak, kan?

Nah, mulai sekarang jangan pusing lagi. Berikut ini tips agar hidup tetap nyaman meskipun ditinggal ART mudik.

Baca juga: Yuk Bikin Kimchi Jjigae Ala BTS di Rumah

1. Bagi tugas dengan anggota keluarga

Semuanya enggak musti dikerjain sendiri, kok, kamu bisa minta anggota keluargamu untuk membantu. Mintalah suamimu untuk mengepel sedangkan kamu menyapu.

Jika anakmu sudah dewasa, mintalah bantuan mereka untuk mengerjakan tugas rumah tangga. Tapi jika anakmu masih kecil? Bisa diajak untuk membantu dengan pekerjaan yang ringan.

2. Gunakan Jasa Laundry

Jika kamu malas untuk mencuci baju, gunakanlah jasa Laundry terdekat untuk mencuci baju kamu. Mengeluarkan sedikit biaya tentu bukan masalah besar dong untuk meringankan pekerjaanmu.

3. Cari Pembantu Sementara

Jika kamu sudah dipadati dengan kesibukan kantor, dan sedangkan pembantu rumah tangga belum pulang juga, carilah pembantu sementara yang mau membantu kamu sampai pembantu kamu yang lama kembali.

4. Beli makanan di luar

Jika kamu malas untuk mencuci piring dan memasak, belilah makan di luar. Sekalian kamu bisa ajak keluarga pergi jalan-jalan dan quality time.

5. Pergi Jalan-jalan

Sehabis membereskan rumah, pergilah jalan-jalan agar rumah tidak kembali menjadi berantakan akibat ulah si kecil.

6. Perbanyak stok belanjaan di rumah

Dengan menyimpan stok belanjaan yang aman Anda tak perlu sering-sering bolak-balik ke pasar atau pasar swalayan untuk mebeli kebutuhan barang harian. Pilih bahan makanan yang awet dan bisa Anda simpan dalam lemari pendingin dalam waktu yang lama. Hindari membeli bahan makanan yang mudah rusak. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat