visitaaponce.com

Oleh-oleh Khas Bandung Favorit Paling Hits

Oleh-oleh Khas Bandung Favorit Paling Hits
Banyak aneka jenis oleh-oleh yang hits di Bandung.(Antara)

KOTA Bandung menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata menarik selama liburan. Tidak hanya karena udaranya yang cukup segar, kota ini memiliki banyak destinasi wisata.

Namun bila berkunjung ke destinasi wisata, jangan lupa juga untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Bandung yang rasanya ngeunah pisan.

Berikut ini oleh-oleh khas Bandung favorit yang lagi hits untuk kamu bagikan pada teman dan keluarga di rumah. Penasaran?

Baca juga: Bandung Zoo Tambah Fasilitas di Masa Libur Lebaran

1. Brownies Amanda

dok. amanda

Saat Anda berkunjung ke Bandung sempatkan untuk membeli Brownies Amanda yang sudah sangat terkenal dengan kelezatannya. Brownies yang muncul pada 2000 ini langsung menarik perhatian wisatawan, karena konsepnya dikukus sehingga lebih terasa empuk dan lembut.

Baca juga: Wajib Coba! Aneka Makanan Khas Lebaran yang Buat Kangen

Varian rasa yang ditawarkan juga beragam, ada original cokelat, cheese cream, choco marble, pandan, atau blueberry. Rasa yang ditawarkan pun mengikuti perkembangan zaman sehingga cocok untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh Bandung yang kekinian. Tersedia 14 outlet untuk membeli brownies ini dengan harga Rp38ribu - Rp74 ribu. 

2. Brownies Prima Rasa

dok. jastip_nv

Bila anda menyukai brownies panggang, Brownies Prima Rasa bisa menjadi pilihan. Lelehan cokelat dalam brownies selalu menggoda dan memiliki rasa khas serta tekstur yang sangat lembut menambah rasa nikmat saat mencicipinya. Anda bisa datang langsung ke pusat toko Brownies Prima Rasa di Jalan Kemuning.

3. Tahu Susu Bandung

dok. Tahu susu lembang

Anda mungkin sudah familiar dengan tahu sumedang, tapi coba tahu susu Lembang. Tahu satu ini memiliki yang lembut dan kenyal ini. Setelah digoreng, anda bisa memakannya dengan kecap atau cabe rawit. Tahu susu Lembang ini lokasinya hanya ada satu, yaitu di Jalan Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Bandung.

4. Batagor Kingsley

dok. bagagor kingsley

Batagor, makanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka, tahu, dan ikan tenggiri ini sudah sangat terkenal kelezatannya di Bandung. Camilan gurih dan lezat ini biasanya disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu dan dinikmati dengan siraman bumbu kacang serta perasan jeruk. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Batagor Kingsley yang lokasinya ada di Jalan Veteran No.25, Kebon Pisang, Sumur Bandung. Di sini, anda bisa membeli batagor yang belum digoreng untuk menjaga keawetannya.

5.  Peuyeum Bandung

dok. bolu susu bandung

Kalau satu ini sudah pasti orang mengenalnya, peuyeum. Tape yang terbuat dari singkong ini empuk dan memiliki rasa yang manis. Proses pembuatannya juga cukup mudah. Setelah dikupas, singkong dicuci bersih lalu dikukus hingga matang. Setelah matang, singkong ini didinginkan hingga benar-benar dingin, lalu ditaburi ragi dan didiamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih dua sampai tiga hari lamanya.

6. Seblak Bandung

dok.cookpad

Akhir-akhir ini, seblak menjadi makanan yang banyak digemari masyarakat. Rasanya unik, gurih, dan pedas. Seblak sendiri merupakan makanan dari kerupuk yang direbus dalam bumbu cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Tidak lupa tambahan aneka sayur, telur, daging ayam, sampai olahan daging sapi. Sebagai oleh-oleh, seblak disediakan dalam bentuk kemasan, sehingga tinggal diseduh saja di rumah. 

7.  Surabi Bandung

dok.cookpad

Kalau jarak kota kamu dengan Kota Bandung tidak terlalu jauh, kamu bisa memilih surabi sebagai alternatif oleh-oleh dari Bandung. Saat ini, sudah banyak surabi yang tersedia dalam berbagai varian topping, mulai dari cokelat, keju, pisang, hingga green tea. Untuk mendapatkan surabi ini, kamu bisa mampir ke daerah Jalan Setiabudi, namanya tempatnya adalah Surabi Enhaii.

8. Bolu bakar Tunggal

dok. pergikuliner

Ini dia yang terbaru dan sedang hits di Bandung. Namanya Bolu Bakar Tunggal. Ada dua pilihan yang bisa dicoba oleh pengunjung, yaitu bolu bakar manis dan asin yang dijual dengan harga mulai dari Rp20 ribu – Rp35 ribu per porsinya. Beberapa pilihan bolu bakar manis di antaranya cokelat, keju, kopi, wijen, kacang, nanas, roombutter, kopi wijen, strawberry, dan kelapa susu. Sedangkan yang asin ada tuna, tuna pedas, dan keju spesial tuna pedas. Penasaran? Coba ke ShopBackers di kawasan Sudirman, Bandung. 

9.  Pisang bolen Kartika Sari

dok.cookpad

Kalau yang satu ini sih pasti kamu juga sudah sering mencicipinya, kan? Yup, dialah pisang bolen dengan isian potongan keju di dalamnya. Makanan yang satu ini selalu menjadi pilihan oleh-oleh kebanyakan orang saat berkunjung ke Bandung. Rekomendasi pisang bolen enak di Bandung adalah Kartika Sari.

Kamu bisa dengan mudah menemukan outlet Kartika Sari yang tersebar di berbagai wilayah, seperti di Jalan H.Akbar No 4, Jalan Ir.H.Juanda, Jalan Terusan Jakarta, Jalan Buah Batu, Dago, dan masih banyak lagi. Tidak perlu bingung lagi, kan?

10. Gepuk daging sapi

dok.cook.pad

Buat kamu yang belum tahu apa itu gepuk, makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris dan direbus hingga setengah matang, kemudian ditumbuk atau digeprek hingga lembut. Setelah itu, daging direndam bumbu dan santan, kemudian merebusnya kembali hingga meresap. Jika sudah meresap, daging diangkat dan digoreng dengan menggunakan sedikit minyak. Makanan ini biasanya akan lebih nikmat jika dinikmati dengan nasi hangat dan sambal bawang. Yummy!

11. Wajit Cililin

dok. wajik cililin

Kalau Jakarta punya dodol betawi, Bandung punya wajit. Makanan ini terbuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak, sehingga memiliki rasa manis dan teksturnya yang lengket. Jika dodol biasanya dibungkus dengan plastik, berbeda dengan wajit yang dibungkus dengan lebih unik, yaitu menggunakan kulit jagung. Dinamakan wajit cililin karena asalnya dari daerah Cililin, Jawa Barat. Tapi, kamu juga bisa menemukannya di kawasan Bandung, lho. 

12. Angklung

dok. kaskus

Angklung, alat musik tradisional khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan mampu menghasilkan suara nyaring yang khas saat dimainkan. Tertarik ingin punya? Coba ke Saung Angklung Udjo yang terkenal dengan pertunjukan angklungnya. Anda bisa memanfaatkan paket tur Bandung yang ditawarkan Biro Perjalanan untuk bisa mengunjungi melihat langsung pertunjukan angklung tersebut.

Setelah menyaksikan pertunjukan Anda bisa mampir ke workshop yang memperlihatkan proses pembuatan angklung sekaligus membeli berbagai cenderamata khas Bandung menarik. Beberapa diantaranya seperti pajangan angklung, miniatur, gantungan kunci, hingga hiasan angklung semua dijual dengan harga terjangkau.

13. Kopi Aroma

dok.kopidewa

Bagi para penikmat kopi, nama Kopi Aroma Bandung sudah sangat terkenal. Kopi legendaris Kota Bandung ini sudah ada sejak 1930. Jenis kopi yang tersedia di Kopi Aroma adalah kopi arabika dan robusta dari berbagai daerah. Satu kemasan Kopi Aroma dijual mulai dari Rp20 ribu dan terbatas, maksimal 3 kg per orang. Anda pun hanya bisa mendapatkan Kopi Aroma ini di tokonya langsung tepatnya di kawasan Braga Jl. Banceuy No. 51.

14. Kaos Bandung

dok. satu baju

Berkunjung ke Paris van Java tidak lengkap bila belum membeli kaos Bandung. Banyak Factory Outlet yang menjual berbagai macam model pakaian termasuk salah satunya kaos distro. Bahan kaos Bandung yang adem, desain modis, dan harga yang murah membuat wisatawan suka memborongnya. Anda bisa datang langsung ke daerah Dago, Cihampelas, dan Jl. Riau yang terkenal sebagai pusat factory outlet Bandung. Harga jualnya bervariasi tergantung model dan jumlah yang Anda beli.

15. Addictea Bandung

dok.addictea

Addictea Bandung merupakan merek minuman teh susu atau milk tea terkenal dari Bandung yang wajib untuk Anda coba. Minuman ini pertama kali muncul tahun 2011 dan langsung menarik perhatian banyak wisatawan dengan rasanya yang pas. Tersedia banyak pilihan rasa yang bisa Anda coba seperti green tea, thai tea, banana, taro, seasalt caramel, minty, dan coffee. Kemasannya yang praktis di dalam botol sangat cocok untuk dibawa bepergian.

Addictea Bandung bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui aplikasi online atau langsung datang ke toko pusatnya di Jl. Cisangkuy. Harga pasaran untuk Addictea ini juga bervariasi mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp45.000,00 tergantung ukuran dan rasa.

16. Pia Bandung

dok. Tokopedia

Bandung memiliki kue pia yang rasanya tidak kalah nikmat dengan bakpia Jogja. Pia Bandung atau Pia 170 memiliki kemasan jadul dan unik. Beraneka ragam rasa tersedia, seperti butterscotch,kacang hijau, cokelat, dan keju. Untuk mendapatkan Pia Bandung ini Anda harus datang ke Kafetaria 170 di Jl. HOS Cokroaminoto daerah Pasirkaliki. Satu kotak dibanderol sekitar Rp30 ribu.

17. Tas Dan Sepatu Khas Cibaduyut Bandung

dok. ksmtour

Cibaduyut termasuk salah satu destinasi wajib Bus Pariwisata Bandung sesaat sebelum kembali pulang. Kawasan ini sangat terkenal sebagai pusat produsen sepatu dan tas kulit khas Bandung berkualitas. Toko-toko yang berjajar di pinggir jalan Cibaduyut berlomba menawarkan produk terbaik dengan harga miring. Anda bisa membeli sepatu bagus berkualitas dengan harga miring di Cibaduyut dengan sangat mudah.

18. Kue Balok Brownies Mahkota

dok.Bigo

Rekomendasi oleh khas Bandung berikutnya adalah Kue Balok Brownies Mahkota. Ini adalah kue balok yang memiliki cita rasa kolaborasi antara brownies dengan kue bolu kekinian. Tidak terlalu panis dan tidak terlalu pahit. Menariknya, kue balok ini langsung meleleh ketika masuk ke dalam mulut. Untuk lokasinya berada di jl. Sabang No.27, Cipahit, kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Sementara harganya 25.000 isinya 10 pcs. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat