visitaaponce.com

Wajib Coba Aneka Makanan Khas Lebaran yang Buat Kangen

Wajib Coba! Aneka Makanan Khas Lebaran yang Buat Kangen
Aneka makanan khas ini membuat kita kangen akan rumah. (dok. Bengawan Solo)

LEBARAN sebentar lagi! Setelah sebulan penuh berpuasa, tibalah hari kemenangan yaitu Idul Fitri. Nah, jika Anda sedang mencari referensi menu yang cocok dimasak untuk lebaran, berikut ini sejumlah rekomendasi bisa anda coba. 

Aneka makanan khas Indonesia ini bisa menambah keseruan berkumpul bersama keluarga besar.

1. Ketupat

Makanan khas lebaran berbahan dasar beras ini menjadi makanan yang paling banyak diburu. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang dimasak dalam bungkus daun janur atau plastik. Ketupat menjadi makanan khas seperti kupat tahu dan kupat glabet. Ketupat banyak di jual di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp 1.000.

2. Opor Ayam

dok.Tokopedia

Makanan satu ini merupakan teman sejati dari ketupat dan sangat terkenal. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga dikonsumsi sebagai menu sehari-hari.

Opor ayam merupakan makanan berkuah santan dengan potongan daging ayam. Kuah kuahnya terbuat dari campuran santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam. Aneka resep opor ayam dapat kita temukan, apakah anda suka dengan santan atau tanpa santan.

3. Semur daging

 

Sesuai namanya, semur daging merupakan makanan khas Indonesia yang berbahan utama daging sapi. Makanan ini memiliki rasa gurih dan manis. Hidangan ini merupakan olahan daging dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala, dan rempah lain. Semur biasanya berisi daging sapi, ayam, dan kentang. Isi dari semur beraneka ragam, seperti tempe, telur, tahu, atau ikan.

4. Rendang

dok. Iuiga

Kamu tentunya tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Yap, rendang dikenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Makanan khas Minang ini memang menjadi favorit masyarakat Indonesia karena kaya akan rempah-rempah. Rendang menjadi makanan wajib yang selalu ada di saat lebaran, loh. 

5.  Sambal goreng ati

dok. endeus.tv

Sebagai makanan khas lebaran, sambal goreng ati tidak boleh ketinggalan. Makanan ini terdiri dari hati ayam, ampela, wortel, dan kentang yang dipotong dadu dan dimasak dengan sambal balado.

6. Soto

dok. 123RF

Ingin menyediakan hidangan yang menyegarkan? Bila ya, kamu bisa memasak soto. Varian soto cukup beragam, seperti soto daging kuah bening atau soto ayam kuah santan. Kamu bisa memilih jenis soto yang paling digemari buat disajikan di hari Lebaran.

7. Sayur lodeh

dok. endeus.tv

Awalnya, sayur lodeh hanya menjadi makanan khas lebaran untuk daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Akhirnya, kenikmatan sayur lodeh telah menyebar ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Sayur ini biasanya disantap bersama lontong atau ketupat.

8. Sambal bawang

 

Sebagai pelengkap setiap makanan, sambal bawang wajib ada saat lebaran. Apalagi, banyak orang Indonesia yang suka makan pakai sambal. Rasa pedas dari cabai yang berpadu dengan manis dari bawang pasti akan membuat kamu terus nambah, deh. 

9. Gulai Sayur

dok.endeus.tv

Jika kamu cukup jenuh dengan masakan berbahan daging, makanan ini bisa menjadi alternatif lain. Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau lain. Bahan pembuatan gulai sayur ini adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

10. Sayur Labu Siam

 

Labu siam adalah sayur yang banyak tumbuh di Indonesia. Labu siam juga banyak diolah menjadi beragam masakan dan makanan. Salah satunya sayur labu siam dengan kuah santan serta bumbu bawang, ketumbar, kemiri, dan garam. Sayur labu siam biasanya dihidangkan bersamaan dengan rendang, opor, dan ayam goreng.

Merayakan hari raya Idul Fitri sambil bercengkrama bersama keluarga besar akan terasa lebih sempurna jika ada hidangan yang istimewa. Dengan membaca beberapa rekomendasi di atas, kini Anda dapat lebih mudah untuk menentukan pilihan makanan apa saja yang bisa Anda persiapkan untuk lebaran nanti. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat