visitaaponce.com

11 Makanan Khas Madura, Bukan Hanya Sate Saja

11 Makanan Khas Madura, Bukan Hanya Sate Saja!
makanan khas Madura(Fimela)

Makanan khas Madura menjadi salah satu keunikan lokal yang wajib kamu cicipi selama liburan di Pulau Garam ini. Pasalnya, Madura bukan hanya terkenal akan satenya saja. Tapi juga terkenal akan sejumlah makanan khas lokal lainnya yang tak kalah lezat dan jarang ditemui di daerah lainnya.

Beberapa kuliner khas Madura sebenarnya masih memiliki kemiripan dengan kuliner dari daerah Jawa. Namun ada pula sejumlah kuliner khas Madura yang diolah menggunakan bahan-bahan laut di sekitar Pulau Madura. 

Apa saja makanan khas dari pulau yang juga memiliki sebutan Pulau Karapan Sapi ini?

Baca juga : 12 Makanan Khas Riau yang Bisa Kamu Cicipi Saat Wisata Kuliner

Makanan Khas Madura dengan Citarasa Khas nan Legit

Salah satu plan yang wajib kamu lakukan saat berlibur ke Madura adalah berburu kuliner khasnya. Dijamin kamu tak akan kecewa saat mencoba sejumlah makanan lokal yang lezat berikut ini:

1. Soto Madura

Soto Madura menjadi salah satu makanan khas Madura yang wajib kamu cicipi ketika menyambangi pulau ini. Biasanya soto Madura memiliki bahan-bahan dasar sesuai dengan daerah asalnya, namun mayoritas masih menggunakan daging sapi. 

Baca juga : 8 Makanan Khas Maluku yang Otentik Banget!

Bagi kamu yang tidak pantang makan daging sapi, di sini juga tersedia soto yang menggunakan daging ayam. Selain daging sebagai lauk utama, sejumlah kondimen seperti lontong, telur rebus, kentang rebus, jeroan, soun hingga perkedel turut disajikan bersama kuah soto. 

Soto Madura ini umumnya dijual seharga Rp 20 ribuan saja.

2. Sate Madura

Baca juga : 10 Makanan Khas Malaysia, Dengan Ciri Khas Melayu

Kuliner khas Madura yang satu ini bisa dikatakan sebagai ikon Madura yang sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Sate Madura dibuat menggunakan daging ayam atau kambing serta dihidangkan bersama dengan lontong, bumbu kacang dan kecap. Saus sate Madura pun terbilang unik karena terbuat dari campuran kecap, petis dan kemiri. 

Dalam penyajiannya, pedagang juga akan memberikan acar timun yang disajikan di atas nasi atau lontong sate. Namun ada pula pedagang yang hanya menyajikan sate, lontong dan irisan cabai saja. 

Untuk harganya, satu porsi sate ayam Madura dijual mulai dari harga Rp 15 ribuan.

Baca juga : 10 Makanan Khas India untuk Teman Nonton Film Bollywood

3. Bubur Manggul

Bubur Manggul merupakan makanan khas Madura yang terbuat dari campuran santan, tepung beras, garam dan aromatik dari daun salam. Cita rasa bubur manggul semakin sempurna dengan tambahan bumbu bawang putih merah, cabai merah, kunyit, lengkuas dan daun jeruk.

Setelah siap disajikan, bubur akan diberi taburan sambal goreng udang dan serundeng kelapa. Uniknya bubur manggul juga bisa disajikan bersama lontong. 

Baca juga : 9 Makanan Khas Jepang Terpopuler dan Ramah di Lidah Orang Indonesia

Untuk dapat mencicipinya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15 ribuan saja. Penjualnya pun mudah ditemui di sekitar warung-warung makan atau pasar terutama di pagi hari.

4. Nasi Serpang

Kuliner selanjutnya yang banyak tersedia di Madura adalah nasi serpang, yaitu menu nasi campur dengan pilihan lauk pauk cukup lengkap. Contohnya seperti telur asin, kerang tumis pedas, kerecek tahu, keripik paru, dendeng sapi Madura, pepes ikan tongkol dan sambal terasi. 

Baca juga : 13 Makanan Khas Sumatera Barat Terpopuler dan Jadi Favorit Wisatawan

Agar bisa merasakan lezatnya nasi serpang, kamu harus bergegas bangun pagi karena menu sarapan masyarakat Madura ini hanya bisa ditemukan pada pukul 05.30 hingga 07.30 WIT. Harganya juga murah, hanya Rp 18 ribuan per bungkusnya.

5. Tajin Sobih

Desa Sobih di Kabupaten Bangkalan memiliki makanan khas yang bernama tajin sobih. Makanan khas Madura ini menawarkan citarasa yang gurih dan manis dengan empat macam isi. Keempat macam isinya adalah bubur putih, bubur lonjongan coklat dan bulatan putih yang terbuat dari tepung beras, serta sagu mutiara.

Baca juga : 10 Makanan Khas Papua Dengan Cita Rasa yang Unik

Biasanya, masing-masing isian tajin sobih tersebut ditempatkan pada wadah yang berbeda berupa panci kecil. Ketika disajikan di atas daun pisang tajin sobih akan disiram saus gula merah pekat. 

Untuk menemukan penjual tajin sobih cukup mudah yakni di sekitar area pasar pada pagi hari. Satu porsinya biasa dijual seharga Rp 5 ribuan saja.

6. Lorjuk

Baca juga : 10 Makanan Khas Cirebon dengan Rasa Unik dan Otentik

Bagi kamu penyuka seafood, lorjuk bisa menjadi pilihan kuliner yang harus dicoba ketika berlibur ke Madura. Lorjuk sebenarnya berupa kerang berukuran kecil yang kerap dijumpai di sekitar perairan Madura. Dalam pembuatan makanan ini, prosesnya cukup memakan waktu. 

Lorjuk direbus tanpa menggunakan air hingga cairannya keluar dan menjadi kaldu. Kemudian dijemur hingga cangkang mengelupas dan dijemur kembali selama dua hari, baru dimasak. 

Makanan khas Madura ini biasa ditumis menggunakan cabai dan kecap atau dijadikan bahan pembuat rengginang. Warung lorjuk terpopuler di Madura contohnya Warung Campur Lorjuk Ibu Hamidah di Pamekasan dan warung Campor Bu Subairah yang juga berada di Pamekasan.

Baca juga : Kurangi Kebiasaan Ngemil Bisa Cegah Obesitas

7. Bebek Songkem

Bebek Songkem merupakan hidangan khas masyarakat Sampang, Madura yang berupa daging bebek dikukus dengan balutan daun pisang. Tampilannya menyerupai pepes lengkap dengan berbagai bumbu pelengkap, mulai dari bawang merah putih, cabai, bumbu rempah dan garam. 

Dalam membungkusnya pun bebek diposisikan seperti sedang sungkem sehingga disebut sebagai bebek songkem. Proses pengukusan bebek songkem juga tidak menggunakan air, tapi memakai batang pohon pisang sehingga memberikan aroma yang khas. 

Baca juga : Meski tidak Asin, Makanan Instan Tetap Tinggi Garam

Salah satu penjual menu bebek songkem paling terkenal di Madura adalah Bebek Songkem Salim.

8. Topak Ladeh

Makanan khas Madura selanjutnya adalah topak ladeh yang berupa sup diolah dari bahan betis sapi, kemudian dicampur dengan rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan dalam proses memasaknya adalah jeruk purut, kayu manis, lengkuas dan kencur. 

Baca juga : Daftar Makanan Khas Sunda yang Enak Bikin Nagih 

Dalam bahasa lokal topak bisa diartikan sebagai lontong. Jadi wajar jika topak ladeh menjadi hidangan wajib saat Lebaran. 

Biasanya, kuliner khas Madura ini disajikan bersama parutan pepaya muda, irisan daging sapi, kacang panjang, jeroan sapi dan telur rebus. Terkadang ada pula penyajian topak ladeh yang diberi tambahan berupa bubuk jagung manis.

9. Loopis Emas

Baca juga : Resep Ketupat Sayur Lebaran Idulfitri dan Iduladha serta Cara Membuat

Jajanan manis loopis emas juga wajib kamu cicipi ketika menyambangi Madura. Makanan lokal bertekstur legit ini ini disajikan dengan taburan parutan kelapa lalu disiram larutan juruh atau gula merah cair.. 

Kemudian jajanan ini dibungkus menggunakan daun pisang sehingga berbentuk segitiga. Biasanya penjual loopis emas dapat ditemui pada pagi hingga sore hari dengan harga per porsi mulai dari Rp 5.000 saja.

10. Kaldu Kokot

Baca juga : Rayakan Momen Idul Fitri Bersama Vertu Harmoni Jakarta

Kaldu kokot menjadi makanan khas Madura selanjutnya yang menawarkan kelezatan tak terhingga. Makanan khas lokal ini terbuat dari kaki sapi atau kokot yang direbus bersama dengan berbagai rempah. Termasuk rempah-rempah seperti pala, jahe, bawang merah dan bawang putih yang membuat cita rasanya jadi lebih gurih dan lezat.

Sebelum dimasak, kaki sapi tersebut dibakar sampai semua kotorannya hilang. Untuk menambah kenikmatannya, kaldu kokot disajikan bersama rebusan kacang hijau dan potongan lontong. 

Untuk merasakan kenikmatan kaldu kokot, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 30 ribuan per porsi.

Baca juga : Berikut Daftar Kuliner di Semarang Legendaris, Kelezatannya Lintas Generasi

11. Kue Apen

Seperti loopis, kue apen adalah kuliner khas Madura yang memiliki citarasa manis.Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras yang kemudian dicampur santan dengan tambahan ragi.

Kue apen asal Sumenep ini disajikan bersama dengan siraman saus gula merah yang diolah dengan kayu manis dan jahe. Biasanya kue apen disantap di pagi hari sebagai menu sarapan masyarakat Madura.

Itulah beberapa makanan khas Madura yang wajib kamu cicipi ketika liburan ke Pulau Garam ini. Jangan lewatkan satu kuliner pun dan manjakan lidah kamu dengan kelezatannya!

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat