visitaaponce.com

10 Makanan Khas India untuk Teman Nonton Film Bollywood

10 Makanan Khas India untuk Teman Nonton Film Bollywood
makanan khas India(freepik)

Makanan khas India dengan bumbu karinya sudah menjadi ikon tersendiri yang berhasil menarik rasa penasaran pecinta kuliner dari berbagai negara. Tentu India bukan hanya memiliki makanan khas berbumbu kari, namun juga sejumlah hidangan lezat lainnya.

Nah, dari sejumlah hidangan yang ada, sepuluh makanan asal India berikut ini merupakan rekomendasi terbaik dari warga setempat. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang dapat diterima oleh lidah orang Indonesia sehingga tak perlu khawatir saat ingin mencicipinya. 

Makanan Khas India untuk Menemani Saat Nonton Film

Menikmati makanan khas India sembari menyaksikan film Bollywood menjadi referensi seru untuk mengisi waktu luang. Pilihan makanan India yang cocok untuk menemani nonton film ini memiliki tekstur yang beragam dengan aneka macam rasa. 

Baca juga : 9 Makanan Khas Jepang Terpopuler dan Ramah di Lidah Orang Indonesia

Simpan dan bagikan informasi ini sebagai referensi untuk nonton film nanti!

1. Samosa

Bagi sebagian masyarakat Indonesia nama Samosa mungkin tidak terdengar asing. Ya, makanan ini merupakan salah satu makanan terpopuler di India. 

Makanan ini kerap hadir dalam keseharian masyarakat India saat menonton film. Karena sudah menjadi budaya, akhirnya bioskop-bioskop di India secara khusus menghadirkan menu ini sebagai snack di dalam bioskop.

Baca juga : 13 Makanan Khas Sumatera Barat Terpopuler dan Jadi Favorit Wisatawan

Tampilan hidangan ini seperti pastry goreng, berbentuk segitiga yang di dalamnya berisi kentang, kacang polong dan rempah-rempah yang beragam, dengan rasa dan aroma yang menggugah selera. Paling enak mencocol camilan ini dengan saus pedas atau saus manis.

2. Pakora

Pakora mirip dengan bakwan yang ada di Indonesia, namun tentu dengan bahan yang berbeda. Adonan tepung dicampur bayam, sawi, terong, bawang, keju serta bumbu-bumbu rempah. Lalu, diolah dengan cara digoreng sampai kecoklatan.

Letak perbedaan pakora dengan bakwan Indonesia juga tampak dari  cocolannya, yang mana pakora dicocol dengan yoghurt, kuah kari, dan saus pedas khas India.

Baca juga : 10 Makanan Khas Papua Dengan Cita Rasa yang Unik

Selain menjadi santapan wajib saat menonton film, orang India juga sering menjadikannya sebagai kudapan di sore hari atau makanan pembuka saat berbuka puasa.

3. Pav Bhaji

Melihat gambar pav bhaji dan menerka-nerka apa itu, tampak seperti roti burger cocol saus daging-dagingan. Padahal, pav bhaji merupakan hidangan kentang yang dibuat menjadi gulai (bhaji). Sementara rotinya (pav) terbuat dari adonan biasa.

Sebagai pelengkap, kuliner ini ditambahkan sayur-sayuran antara lain seperti wortel, kembang kol, dan kacang polong.

Baca juga : 10 Makanan Khas Cirebon dengan Rasa Unik dan Otentik

Di India, pav bhaji merupakan camilan murah yang mengenyangkan dan mudah ditemukan. Orang India kerap menghadirkan pav bhaji saat mereka menikmati film bersama keluarga. 

4. Muruku

Camilan bertekstur renyah adalah pilihan yang pas untuk menemani nonton film. Di India, makanan khas yang dipilih ialah muruku. Tampilannya seperti makanan jajanan pasar yang akrab dikonsumsi masyarakat secara umum.

Muruku terbuat dari tepung beras yang dibentuk seukuran lidi dan dipotong-potong. Ada pula yang dibentuk melingkar. Adonan tepung yang dibentuk akan digoreng. Setelah jadi, diberikan bubuk cabai atau aneka rasa lainnya yang beraroma menyengat. 

Baca juga : GoTix Luncurkan LOKET Screen Sebagai Identitas Barunya untuk Beli Tiket Bioskop 

Camilan kriuk ini bisa dengan mudah kamu dapatkan secara online dalam bentuk kemasan yang praktis. 

5. Pani Puri

Inilah makanan India yang sempat viral beberapa waktu lalu karena proses pembuatannya yang dihidangkan dengan cara diaduk-aduk pakai tangan. Meski demikian, makanan tersebut jadi rebutan masyarakat India karena cita rasanya yang lezat.

Pani puri adalah camilan kripik kentang berukuran bulat sekepal tangan dan kopong di bagian tengahnya. Selanjutnya di dalam bola krispi itu akan diisi dengan kentang rebus cincang. Lalu, dicelupkan ke dalam kuah kental manis dan gurih yang membuat nagih. Selain itu, ada juga pani puri basah yang tak kalah enak dari versi keringnya.

Baca juga : Bioskop Megah Platinum Cineplex Kini Hadir di Kota Kebumen, Jateng,

6. Idli

Ingin mencoba bereksperimen membuat makanan India? Menu pertama yang bisa kamu coba adalah idli, yaitu cemilan khas India yang juga sering disebut kue beras. Di negeri Bollywood itu, idli merupakan makanan klasik yang terkenal. 

Hidangan kue beras ini dibuat dengan cara dikukus, dengan bahan-bahan dari air rendaman beras, lentil hitam, biji kelabat, dan garam. 

Makanan ini disajikan bersama dengan cocolan yang bisa disesuaikan dengan selera. Ada yang memilih mencocol idli dengan kari bersayur pedas.

Baca juga : Daftar Makanan Khas Sunda yang Enak Bikin Nagih 

Proses pembuatan dan penyajiannya pun sangat simple. Trelebih makanan ini tinggi gizi yang membuatnya kerap dijadikan sebagai menu sarapan orang India.

7. Vada Pav

Amerika memiliki burger, dan India memiliki vada pav. Buat kamu yang vegetarian, menu satu ini sangat cocok untuk kamu coba.

Hampir setiap warga India tidak segan menyatakan kecintaan mereka terhadap kudapan sedap ini, mulai dari orang biasa hingga kalangan artis. 

Baca juga : Super Mario dan Evil Dead jadi Film Terlaris di Amerika Utara

Rotinya sama dengan burger, namun patty-nya terbuat dari kentang goreng. Ada juga yang dibuat dari ubi jalar goreng. Lalu, dilengkapi dengan chutney, yakni berupa acar dari sayuran atau buah-buahan yang dicampur dengan gula, cuka dan rempah-rempah.

Rasanya tergantung dari yang memasak makanan ini, di mana setiap penjual mengaku memiliki rahasia isi vada pav yang spesial. 

8. Jalebi

Jalebi seringkali muncul dalam serial film India. Tampilannya seperti keripik bercita rasa pedas, yang padahal memiliki rasa manis. 

Baca juga : Resep Ketupat Sayur Lebaran Idulfitri dan Iduladha serta Cara Membuat

Camilan renyah ini biasa dihidangkan di acara-acara khusus, seperti pernikahan atau pergi ke kuil. Oleh karena itu, makanan ini kerap dimunculkan di film-film India, terutama saat ada adegan menghadiri acara tradisional atau yang terkait upacara keagamaan.

Sebelumnya disebutkan bahwa jalebi adalah makanan manis. Akan tetapi, dahulu makanan ini tergolong baik karena bisa mengatasi masalah terkait pencernaan dan kulit. Hal tersebut dikarenakan jalebi terbuat dari fermentasi susu.

Fermentasi susu itu dibuat dengan cara digoreng, lalu diberi sirup dan disantap saat hangat. 

Baca juga : Berikut Daftar Kuliner di Semarang Legendaris, Kelezatannya Lintas Generasi

9. Gulab Jamun

Bagi kamu pecinta makanan manis, pasti menyukai gulab jamun. Rasanya yang khas telah berhasil membuat makanan ini banyak disukai orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

Di balik rasa yang khas tersebut, masyarakat India menggunakan susu sebagai bahan utamanya. Selain susu, bahan dasar lainnya dicampurkan seperti terigu, kapulaga, kunyit, dan juga rempah-rempah khas masakan India. 

Setelah tercampur, adonan akan dibentuk menyerupai bola-bola, kemudian disiram sirup dari campuran kapulaga, kunyit dan bahan lainnya.

Baca juga : Resep Biji Ketapang, Makanan Khas Maluku

Di India, kudapan manis ini disajikan secara massal saat perayaan Diwali sebagai tanda syukur di mana susu sapi dari hewan yang begitu mereka hormati membawa kehidupan dan kesuburan. 

10. Rasgulla

Makanan khas lain yang kerap dihidangkan saat nonton film bersama yakni rasgulla. Tekstur dan rasanya banyak disukai masyarakat dari penjuru dunia.

Keju cottage atau dalam bahasa India disebut chhena merupakan bahan dasar manisan bola-bola ini. Kemudian keju dibuat menjadi adonan samolin. Bahan tersebut direbus bersama dengan gula dan sirup. 

Baca juga : Rekomendasi Makanan Khas Qatar yang Wajib Dicoba

Walaupun bahan-bahan tersebut terdengar asing, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan susu, cuka/jus lemon dan gula. Atau, bisa dengan menggunakan susu full cream, tepung dan air perasan lemon/jeruk nipis, serta gula pasir.

Variasi menu seperti itu berlaku untuk sejumlah makanan khas India yang baru saja kita bahas di atas. Itulah mengapa kami merekomendasikan makanan-makanan di atas yang cocok untuk teman nonton film-film India kesayangan kamu. 

Segera buat atau pesan melalui restoran India terdekat dan rasakan pengalaman seru mencoba kuliner-kuliner unik nan lezat dari India.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat