visitaaponce.com

9 Makanan Khas Jepang Terpopuler dan Ramah di Lidah Orang Indonesia

9 Makanan Khas Jepang Terpopuler dan Ramah di Lidah Orang Indonesia
Tokyo(freepik)

Makanan khas Jepang mengalami peningkatan popularitas yang begitu tajam di Indonesia. Hal ini, terbukti dari banyaknya restoran-restoran Jepang yang sering kita jumpai di berbagai kota besar. Bukan hanya tampilannya yang unik, cita rasanya juga berbeda tapi masih aman di lidah masyarakat kita.

Jika kamu tertarik dengan makanan khas Jepang tapi belum tahu namanya, maka bisa coba beberapa pilihan kuliner khas negeri Sakura ini. Tentu saja kuliner-kuliner ini sangat layak dicoba karena rasanya yang lezat dan juga unik!

Makanan Khas Jepang yang Populer

Apa sajakah makanan khas Jepang yang populer? Ini dia rekomendasinya untukmu:

Baca juga : Bali dan Kumamoto Jadi Sister Provinsi Pariwisata dan Perdagangan

1. Sashimi

Sashimi termasuk salah satu makanan populer di Negeri Sakura Jepang, berupa seafood yang biasanya disajikan sebagai pendamping sushi. Biasanya, seafood yang dihidangkan dalam bentuk potongan daging atau ikan segar. 

Mengingat sebagian potongan ikan segar atau seafood memiliki kandungan racun berbahaya untuk manusia, seperti halnya ikan kembung. Maka restoran-restoran Jepang biasanya memilih chef profesional yang berlisensi khusus dalam meracik sashimi yang aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, sushi juga kerap disajikan dalam bentuk potongan seafood yang segar, hanya saja perbedaannya yaitu sashimi dan sushi yang satu biasanya dilengkapi nasi dan yang satunya tidak. Karena sashimi tidak disajikan dengan nasi.

Baca juga : PM Jepang Kunjungi Indonesia Pekan Depan

Untuk menu sashimi sendiri biasanya paling lezat jika dinikmati menggunakan saus khusus. Saus tersebut bernama sashimi sauce dan yamamori sauce. 

2. Sushi

Ini dia makanan khas Jepang terpopuler, sushi. Kamu bisa dengan mudah menemukannya dengan harga yang bervariasi. Bahkan bukan hanya di restoran-restoran Jepang saja, tetapi kini sushi juga dijajakan oleh para pedagang kaki lima. 

Tak perlu risau dengan keamanannya, sushi di Indonesia kebanyakan sudah memakai bahan baku yang aman dan halal, sehingga ramah untuk umat muslim. Sushi merupakan makanan tradisional yang merupakan perpaduan nasi dan seafood segar ataupun matang, tambahan nori, sayuran hingga telur. 

Baca juga : KBRI Tokyo Terus Perkuat Jalinan Kerja Sama Indonesia - Jepang

Untuk menikmati sushi ini paling sedap jika disajikan bersama pasta wasabi, karenanya bisa menambah cita rasa yang pedas dan bisa dicocol ke kecap asin yang bernama soyu. Walaupun dari segi tampilan tampak simple, namun sushi ternyata memiliki 50 jenis. 

3. Udon

Jepang juga memiliki makanan khas bernama udon yang sudah populer sampai luar negeri, tidak terkecuali Indonesia. Ini adalah kuliner khas Jepang berupa mie khas yang dibuat lebih tebal dari ramen dengan tekstur yang kenyal sebab bahan pembuatannya berasal dari terigu. 

Udon paling nikmat dan lezat jika dimasak dengan kuah dashi, sedangkan untuk menambah rasanya bisa disantap bersama soyu. Udon juga memiliki berbagai jenis dan seringkali disajikan bersama kuah dingin dan panas tergantung dari jenis udon itu sendiri. 

Baca juga : 2021 Jadi Tahun Akselerasi Promosi dan Diplomasi Indonesia di Jepang 

Untuk topping udon sendiri bisa disesuaikan dengan selera dan seringkali dihidangkan bersama topping potongan nitamago, daging dan lainnya. 

4. Ramen

Makanan khas Jepang lainnya yang juga sangat populer adalah ramen. Tentu saja, ramen sudah sangat familiar dan kerap dijumpai di restoran-restoran Jepang dari mulai kaki lima hingga bintang lima. Di Jepang sendiri ramen kerap dijajakan di warung-warung pinggir jalan. 

Selain itu, ramen termasuk makanan khas Jepang berupa mie yang dipadukan kuah kaldu sayuran atau daging yang sangat lezat. Dilengkapi oleh topping bervariasi, seperti nitamago, sayuran, nori, irisan daging dan juga narutomaki tergantung dari selera. 

Baca juga : Perusahaan Jepang Tawarkan Beasiswa Program Pascasarjana di Jepang

Biasanya ramen disajikan menggunakan kuah kaldu yang panas atau dingin, menyesuaikan jenisnya. Bagi masyarakat Tanah Air, rasa rame pun cukup familiar dan mudah diterima. Wajar jika kita sering menjumpainya di berbagai tempat makan. 

5. Onigiri

Onigiri merupakan sajian makanan khas Jepang berupa nasi kepal dan biasanya dibalut menggunakan lembaran rumput laut kering atau nori. Nasi yang dipakai tentu saja berbeda dari sushi sebab dalam onigiri tidak memakai cuka beras tapi diganti dengan sedikit tambahan bumbu agar tidak hambar.

Makanan tradisional Jepang ini, kini memang telah dimodifikasi karena bukan berupa nasi berbentuk segitiga yang dibungkus oleh nori saja. Sebab terkadang, ada tambahan ikan, suwiran daging dan mayonnaise. Atau nasinya justru memakai nasi goreng agar tidak hambar. 

Baca juga : Indonesia Kedua Kalinya Raih Deal Watch Award di Jepang

Onigiri juga sangat mengenyangkan disantap untuk sarapan, sebab nasi sebagai bahan utamanya. Kamu bisa membawa bekal onigiri dengan pendamping salad sayur atau lainnya.

6. Takoyaki

Nah, Takoyaki juga termasuk jajanan yang sering kita jumpai. Ini merupakan jajanan khas Jepang yang biasanya berbentuk bola berukuran kecil diisi oleh gurita atau tako yang telah ditaburi oleh katsuobushi. Makanan yang satu ini gampang dijumpai di pedagang kaki lima.

Rasa Takoyaki sangat lezat dan gurih, memiliki tekstur yang kenyal dan ada isian gurita untuk menambah keunikan dan cita rasa. Namun tidak semua menyukai gurita karena alasan tertentu. Inilah alasan kini Takoyaki telah dimodifikasi dengan tambahan sosis, keju, dan yang lainnya. 

Baca juga : KTT ASEAN Digelar Besok, Menlu RI: Bahas Krisis Myanmar

7. Dorayaki

Kamu yang gemar menonton Doraemon, mungkin sudah sangat familiar dengan dorayaki. Ini adalah makanan khas Jepang berbentuk bundar persis seperti pancake, hanya saja dibuat lebih tebal dan memiliki isian anko atau kacang merah yang dijadikan pasta.

Namun kini isian dorayaki sudah bervariasi, ada selai buah, cokelat, keju dan lainnya. Teksturnya yang lembut dipadukan dengan rasa yang manis, membuat camilan yang satu ini dapat dijadikan teman saat minum teh.

8. Shabu-Shabu

Shabu-shabu termasuk salah satu makanan khas Jepang yang juga banyak disukai. Makanan ini disajikan dengan irisan daging yang tipis, sayuran dan juga seafood yang dicelupkan ke dalam kaldu panas yang sudah kaya rasa. 

Baca juga : Tim DKI Dominasi Seleksi Timnas Kickboxing SEA Games 2021

Jika kamu ingin menikmati shabu-shabu, maka kamu tinggal mencelupkannya ke dalam kuah panas hingga berulang kali sampai matang. Kamu juga bisa menyantapnya dengan gomadare atau saus wijen untuk mendapatkan aroma yang lebih mantap.

9. Sup Miso

Makanan khas Jepang selanjutnya yaitu sup miso yang juga sudah dikenal sampai ke seluruh dunia. Rasa kuah dari sup miso ini sangat lezat lantaran sup ini terbuat dari dashi kombu sebagai kaldu vegetarian khas Jepang dari bahan rumput laut. 

Sup miso biasanya disajikan dengan isi tahu, sayuran dan berbagai macam makanan laut yang bisa kamu santap sesuai selera. Makanan khas Jepang satu ini memang termasuk makanan sehat, karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan juga probiotik untuk meningkatkan imun tubuh. 

Sup miso dapat disajikan memakai rumput laut alias nori kering khas Jepang. Nori sendiri mengandung manfaat, diantaranya sebagai serat tambahan, menyehatkan jantung dan sebagai antioksidan.

Nah, jika kamu termasuk pecinta makanan khas Jepang jangan lewatkan makanan-makanan di atas. Coba semua makanan tersebut dan temukan menu yang paling pas dengan selera lidah kamu. Mengingat, tidak semua makanan atau masakan Jepang sesuai dengan lidah orang Indonesia. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat