visitaaponce.com

12 Makanan Khas Riau yang Bisa Kamu Cicipi Saat Wisata Kuliner

12 Makanan Khas Riau yang Bisa Kamu Cicipi Saat Wisata Kuliner
mie sagu(web pemprov riau)

Makanan khas Riau tak pernah gagal dalam memanjakan lidah para penikmatnya. Selain cita rasanya yang khas, kuliner dari tanah Riau ini juga memiliki varian yang sangat beragam, yang merupakan hasil dari kekayaan adat setempat.

Ya, ada begitu banyak sajian kuliner yang mungkin belum pernah kamu temukan dan nikmati sebelumnya. Jadi, jika tidak mau menyesal saat menyambangi tanah Riau, kamu wajib mencoba jajanan atau kuliner khas Riau ini terlebih dahulu.

12 Makanan Khas Riau, Dijamin Lezat

Di bawah ini ada beberapa daftar makanan khas Riau mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat yang sayang untuk dilewatkan!

Baca juga : 8 Makanan Khas Maluku yang Otentik Banget!

1. Mie Sagu

Indonesia memang salah satu negara yang menyajikan memiliki banyak varian hidangan mie. Termasuk mie sagu dari provinsi Riau ini. Masyarakat di Pekanbaru tentu saja sudah sangat familiar dengan makanan ini. 

Sesuai namanya, mie sagu terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan bukan terbuat dari tepung terigu. Mie ini nantinya disajikan bersama sedikit kuah dengan ikan teri, tauge rebus, daun kucai dan juga sambal goreng.  

Baca juga : 10 Makanan Khas Malaysia, Dengan Ciri Khas Melayu

Jika kamu penasaran dengan rasa mie sagu ini, silahkan cicipi dan datangi tempat yang menjual mie sagu ini di Riau!

2. Nasi Lemak

Namanya memang sudah sering kita dengar sebagai kuliner khas negeri seberang. Namun, masyarakat Riau yang mayoritas merupakan suku Melayu juga memiliki nasi lemak yang sangat menggugah selera makan.

Baca juga : 10 Makanan Khas India untuk Teman Nonton Film Bollywood

Nasi lemak sebenarnya dibuat mirip seperti nasi uduk, sebab olahannya memakai daun pandan dan santan untuk menambah aroma wangi pada nasi itu sendiri. Biar lebih nikmat, biasanya nasi lemak ini akan didampingi oleh lauk berupa telur sambal, ikan teri goreng dan juga timun. Tambahkan pula daging, tempe, dan lauk lainnya untuk meningkatkan selera makan.

Makanan utama dengan varian lauk yang melimpah ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makan siang.

3. Gulai Belacan

Baca juga : 9 Makanan Khas Jepang Terpopuler dan Ramah di Lidah Orang Indonesia

Makanan khas Riau selanjutnya yang sayang jika kamu lewatkan yaitu Gulai Belacan. Menu ini merupakan gulai udang yang dimasak dengan kuah gurih santan. Dengan perpaduan inilah, menghadirkan cita rasa yang begitu kaya. 

Cita rasa alami udang laut ataupun udang air tawar yang digunakan pun semakin memperkaya rasa hidangan satu ini. kamu bisa menikmati gulai belacan ini bersama nasi hangat.

4. Sup Tunjang

Baca juga : 13 Makanan Khas Sumatera Barat Terpopuler dan Jadi Favorit Wisatawan

Sup Tunjang juga termasuk makanan khas Riau dari bahan kaldu Tunjang atau kaldu yang dibuat dari tulang kaki sapi. Daging yang dibiarkan menempel pada tulang sapi yang ada dalam sup tunjang menghadirkan cita rasa yang gurih nan empuk. 

Masyarakat setempat pun sering menyantap sup tunjang sebagai menu makan siang atau makan malam. Tentu dengan karbohidrat nasi sebagai teman makannya.

5. Laksa Kuah

Baca juga : 10 Makanan Khas Papua Dengan Cita Rasa yang Unik

Laksa kuah juga dapat kamu nikmati saat bertandang ke Provinsi Riau. Nikmatnya kuah dari campuran adas manis, ketumbar dan aneka rempah dijamin membuatmu ketagihan. Belum lagi ada mie sagu yang ikut disajikan ke dalam laksa kuah. 

Nikmati santapan laksa kuah untuk melepas lapar ketika kamu selesai berkeliling kota Riau. Sajikan hidangan ini bersama nasi putih hangat. Dijamin hidangan kuliner yang satu ini membuatmu terngiang akan kota Riau yang sesungguhnya!

6. Sate Rusa

Baca juga : 10 Makanan Khas Cirebon dengan Rasa Unik dan Otentik

Belum pernah mencicipi gurihnya daging rusa? Di Riau, kamu bisa berburu kuliner berbahan daging rusa ini secara mudah. Kenikmatan sate rusa pun terasa begitu mantap saat disantap dengan saus sate yang legit.

Jangan risau, daging rusa yang disajikan ini tentu saja teksturnya sangat empuk dengan sensasi kenikmatan rasa daging yang cukup unik. Belum lagi, olahan sup dan satenya yang dipadukan dengan aneka rempah, sangat menyegarkan. 

Jadi, selain menikmati sate rusa kamu juga bisa mencicipi kesegaran sup rusa yang dipadukan dengan sepiring nasi hangat.

Baca juga : Harga Cabai Merah di Pekanbaru Mulai Turun, Beras Bertahan Tinggi

7. Bolu Kemojo

Setelah mencoba kuliner berat, kamu juga bisa menjajal jajanan ringan khas Riau, seperti bolu kemojo. Kuliner yang tahan hingga beberapa hari di suhu ruang ini cocok untuk dijadikan pilihan buah tangan khas Riau. 

Cita rasa bolu kemojo khas Pekanbaru ini cukup unik, tapi sangat ideal dijadikan sebagai makanan ringan teman minum teh yang sangat nikmat. Awalnya, bolu kemojo dijadikan sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga.

Baca juga : Real Count KPU, Anies Kalahkan Prabowo di Kota Pekanbaru

Tapi kini makanan khas Pekanbaru ini telah tersebar dan banyak dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

8. Dodol Kedondong

Siapa yang suka kedondong? Nah, jika sebelumnya kamu menikmati kedondong dengan cara dirujak, di Riau buah bertekstur keras ini justru dijadikan dodol. Ya, dodol kedondong adalah salah satu kuliner unik dan khas yang bisa kamu cicipi saat bertandang ke Riau. 

Baca juga : Harga Beras di Pekanbaru Tembus Rp17 Ribu Per Kilogram

Dodol kedondong sendiri menghadirkan cita rasa campuran asam dan manis. Selain itu, proses pengolahannya yang lama juga membuat dodol kedondong awet, sehingga cocok dijadikan buah tangan khas Riau. 

9. Cake Durian

Cake durian adalah salah satu makanan khas Riau sekaligus sebagai andalan bagi kamu yang gemar dengan durian. 

Baca juga : Riau Perpanjang Status Siaga Darurat Hidrometeorologi Hingga 29 Februari

Cake durian memiliki tekstur yang empuk dan lembut di lidah saat disantap. Campuran daging durian pada adonan kue pun menambah keunikan rasanya. Belum lagi aroma khas durian yang semerbak menambah kenikmatan kue ini.

Jika ingin mendapati oleh-oleh ini, silahkan datang ke sentra oleh-oleh yang bisa kamu temukan dengan mudah di kota Riau. 

10. Keripik Nanas

Baca juga : Anies Optimistis Menang di Riau

Jika sebelumnya kamu hanya mencicipi nanas untuk dimakan langsung atau dirujak, tapi di Riau kamu bisa menikmatinya dalam sensasi yang berbeda. Ya, kamu bisa menjajal kenikmatan keripik nanas yang asam manis dan tentunya bisa dibawa pulang. 

Untuk mendapatkan keripik nanas ini, kamu bisa datang ke toko-toko di Pekanbaru dan harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp 15 ribuan saja. Selain nanas, ada pula keripik nangka dan apel yang dapat kamu cicipi!

11. Roti Jala

Baca juga : Banjir Rendam Jalintim di Riau, Polisi Berlakukan Buka Tutup Kendaraan

Roti jala yaitu sajian roti yang dibuat persis seperti jala. Kamu dapat menjadikannya baik sebagai camilan maupun buah tangan yang bisa dibawa pulang. Roti ini seringkali dinikmati dengan aneka macam kuah, baik kuah kari yang gurih maupun kuah manis. 

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya tanpa kuah, roti jala tetap enak walaupun disantap tanpa kuah sama sekali.

12. Kue Bangkit

Baca juga : Polsek Tampan Ajak Masyarakat Pelihara Kamtibmas Jelang Pemilu

Kue Bangkit termasuk salah satu kue dari bahan sagu, yang memiliki cita rasa begitu khas. Selain itu, teksturnya yang lembut dan mudah ditelan, serta dipadukan dengan rasa manis membuat kue bangkit sangat nikmat sebagai camilan.

Bukan hanya untuk dijadikan camilan saja, tetapi juga dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh bagi sanak saudara di rumah. 

Itulah 12 makanan khas Riau yang bisa kamu cicipi baik saat berkunjung ke Riau, atau untuk dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang!

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat