visitaaponce.com

10 Makanan Khas Malaysia, Dengan Ciri Khas Melayu

10 Makanan Khas Malaysia, Dengan Ciri Khas Melayu
makanan khas Malaysia(freepik)

Makanan khas Malaysia kaya dengan cita rasanya yang unik telah berhasil memikat hati dan lidah para pendatang dari seluruh dunia. Termasuk yang berasal dari Indonesia, terutama bagi mereka yang gemar makan atau senang mendapatkan pengalaman baru dari hunting kuliner.

Dalam ulasan berikut, kita akan menjelajahi kelezatan dan keanekaragaman makanan asli Malaysia yang dijamin mantap. Dari yang kaya akan rempah, hingga yang rasanya gurih dengan sambal pedas.

Makanan Khas Malaysia Terenak

Malaysia memiliki banyak kuliner yang khas dan bervariasi antara satu wilayah bagian negaranya dengan yang lain. Tetapi, yang terkenal kelezatannya bisa kamu lihat dalam daftar berikut.

Baca juga : Ini 5 Makanan Khas Negara ASEAN yang Populer di Dunia 

1. Nasi Lemak

Nasi lemak adalah salah satu makanan khas yang banyak ditemukan di segala penjuru Malaysia. Sebuah pemandangan umum di kota besar Malaysia, di mana orang-orang dari berbagai kalangan duduk di meja lipat ala kaki lima sedang menikmati hidangan nasi lemak.

Kata lemak bukan melambangkan lauknya berupa daging yang berlemak tinggi, tetapi merujuk pada rasa dan tekstur gurih berminyak dari santan kelapa.

Sekilas, mirip dengan nasi uduk yang terdiri dari nasi, kacang, dan ikan teri. Perbedaannya terletak pada bagian sambal yang terbuat dari cabai kering dicampur bumbu dan dimasak dalam waktu cukup lama. Cara makannya juga harus dicampur untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna.

Baca juga : 10 Makanan Khas India untuk Teman Nonton Film Bollywood

2. Ayam Masak Merah Special Kenduri

Salah satu yang berhasil memadukan rasa pedas, manis dan gurih yang menggugah selera ialah ayam masak merah. Sebuah hidangan khas Malaysia yang enak dimakan saat hangat dengan nasi putih. Menu ini biasa dijadikan makanan harian hingga di banyak pertemuan atau acara besar sepanjang tahun.

Di Indonesia sendiri, makanan yang popularitasnya setara dengan hidangan ini yakni seperti semur ayam. Namun, ayam masak merah memiliki kuah dari saus tomat dan cabai, dengan bumbu rempah yang khas hingga menghasilkan warna merah pekat. 

3. Asam Pedas

Sebenarnya, makanan ini merupakan olahan ayam dengan kuah asam pedas. Kandungan rempah pada bumbunya selalu membuat masakan ini lebih dari sekadar kuliner yang khas hingga menjadi menu favorit banyak wisatawan mancanegara saat menyambangi Negeri Jiran.

Baca juga : 9 Makanan Khas Jepang Terpopuler dan Ramah di Lidah Orang Indonesia

Satu fakta unik tentang makanan yang menjadikan masyarakat Indonesia menyukainya yakni karena menggunakan asam Jawa sebagai sumber asam manisnya yang menggugah selera. Serta menggunakan parutan kelapa yang disangrai sampai garing dan juga cabai kering pedas.

4. Nasi Dagang

Yang satu ini memiliki kelezatan yang tak terlupakan bagi wisatawan dari Indonesia. Nasi dikukus dengan santan kelapa dan disajikan bersama telur ayam, tongkol, ikan tamban dan ibis, serta sambal yang dibungkus dalam daun pisang.

Diguyur dengan kuah kari serta ditaburi acar timun dan bawang goreng semakin menambah harmonisasi rasa yang kuat dan membuat nagih. Nasi dagang paling enak bisa kamu dapatkan di negeri pantai timur Semenanjung Malaysia. 

Baca juga : 13 Makanan Khas Sumatera Barat Terpopuler dan Jadi Favorit Wisatawan

Nasi dagang juga bisa kamu temui di Kepulauan Riau. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan orang Riau adalah asli Melayu.

5. Nasi Kandar

Masih dari kuliner nasi-nasian, namun yang satu ini tergolong sebagai kategori hidangan nasi yang mewah. Satu hidangan mencapai puluhan ringgit, tergantung dari jenis lauk dan restorannya.

Berbanding terbalik dengan zaman dahulu, yang mana nasi kandar merupakan makanan sehari-hari pekerja buruh di Pelabuhan Pulau Pinang. Namun sekarang, lauk pauk yang dijual dijajakan layaknya warung makan nasi padang. Jumlahnya mencapai 40-50 jenis lauk yang bisa dipilih sesuai selera. 

Baca juga : 10 Makanan Khas Papua Dengan Cita Rasa yang Unik

Nama kandar sendiri diambil dari kayu pengandar yang membantu pedagang nasi ini membawa jualannya.

6. Nasi Kerabu

Ada yang beda dari sajian nasi asal Malaysia yang satu ini. Nasinya berwarna biru cerah, membuat tampilannya sangat unik dan khas. Warna tersebut berasal dari bunga telang. Variasi warna lain dari kunyit seperti nasi kuning Indonesia.

Hidangan ini terdiri dari dedaunan dan protein hewani khas Malaysia, seperti ayam percik, ikan goreng, telur, hingga cumi-cumi. Tidak lupa tambahan kerupuk dan serundeng kelapa saat dihidangkan.

Baca juga : 10 Makanan Khas Cirebon dengan Rasa Unik dan Otentik

Nasi kerabu belum lengkap tanpa tambahan sambal. Cocolannya ini merupakan saus dari fermentasi ikan bilis yang berprotein tinggi. Perpaduan antar komponen makanan menjadikan nasi kerabu tidak hanya mengenyangkan, tetapi nilai gizinya pun tak perlu diragukan.

7. Laksa Sarawak

Laksa adalah hidangan soto Indonesia versi Malaysia. Ada banyak sekali jenisnya, dan laksa Sarawak lantang direkomendasikan masyarakat Malaysia kepada wisatawan. 

Soto khas Malaysia ini terdiri dari bihun, daging ayam, tauge, udang, dan irisan telur ayam. Dengan topping khas, seperti jeruk nipis dan ketumbar cincang yang semakin menambah aroma laksa. Sementara kuahnya lebih kental dengan tambahan terasi dan daging kerang.

Baca juga : Mengenal 10 Hidangan Khas Malaysia yang Mengenyangkan dan Kaya Rempah

8. Mee Goreng Mamak

Mee goreng mamak juga tak kalah populer di Malaysia. Selain menunya yang lezat, kedai mamak dibuka hingga larut malam, bahkan selama 24 jam. Sehingga cocok untuk pelancong yang ingin eksplor Malaysia full day.

Mee mamak terbuat dari mi kuning yang dikenal dengan nama mi hokkian. Lalu, diberi bumbu berupa saus tomat, terasi, dan saus tiram. Tidak lupa menambahkan sejumlah isian, seperti bakso, telur, udang, sotong, dan irisan cabai merah.

Mi yang tampil berwarna coklat kemerahan ini dijamin bikin puas dan kenyang. Dengan minuman pendamping setianya, yakni teh tarik segar.

Baca juga : Daftar Makanan Khas Sunda yang Enak Bikin Nagih 

9. Penang Char Kuey Tiaw

Daerah Penang merupakan tempat favorit wisatawan untuk mengeksplor Malaysia dengan lebih dekat. Disini kamu bisa menemukan hidangan bernama char kuey tiaw.

Bentuknya tidak begitu asing karena mirip seperti kwetiau, hanya saja mienya berbentuk lebih pipih dan lebih besar.

Mi pipihnya dioseng bersama dengan sejumlah lauk, seperti telur orak-arik, potongan daging-dagingan (ayam, udang dan sosis tradisional Cina), dan sayuran (sawi dan tauge). 

Baca juga : Resep Ketupat Sayur Lebaran Idulfitri dan Iduladha serta Cara Membuat

Perpaduan bahan-bahan segar dengan bumbu khas dan aroma hangus melahirkan ciri khas tersendiri pada hidangan ini.

10. Burger Ramly

Burger merupakan makanan asli Amerika. Dibawa ke Malaysia dengan melakukan penyesuaian agar bisa diterima masyarakat Melayu, dan jadilah burger Ramly dengan cita rasa unik. Kuliner ini pun kini menjadi makanan khas di Malaysia.

Tidak seperti burger yang kita temui di restoran cepat saji ala Barat, patty daging dibungkus dalam telur bersama dengan campuran saus pedas, mayo dan BBQ. Sekilas tampak berantakan, namun inilah kunci dari keseruan rasa burger baru yang ditawarkan dan pastinya lebih nikmat dari burger hambar rasa.

Baca juga : Berikut Daftar Kuliner di Semarang Legendaris, Kelezatannya Lintas Generasi

Sedangkan nama Ramly diambil dari nama penggagas kuliner ini, yakni Ramly Bin Mokni. Sejak awal dibuka yakni sekitar tahun 1984, burger Ramly sudah menarik banyak sekali pelanggan, sampai hari ini. Sehingga tidak heran jika diakui masyarakat sana sebagai makanan khas mereka.

Tidak hanya diakui dari kalangan lidah Melayu, wisatawan luar juga mengakui bahwa burger Ramly adalah burger terenak di dunia.

Itulah tadi makanan-makanan lezat yang wajib kamu cicipi saat sedang singgah ke Malaysia. Mana yang paling kamu ingin coba?

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat