visitaaponce.com

29 April Hari Tari Sedunia, Ini Sejarahnya

29 April Hari Tari Sedunia, Ini Sejarahnya
29 April diperingati sebagai hari tari dunia(AFP)

TAHUKAH kamu kalau setiap tanggal 29 April diperingati sebagai hari Tari Sedunia atau tari Internasional. Setiap tahunnya komunitas maupun penari di seluruh dunia turut meramaikan perayaan ini.

Peringatan ini bertujuan untuk merayakan tarian, bersenang-senang dalam universalitas bentuk seni, melintasi semua hambatan politik, budaya dan etnis dengan satu bahasa yang sama. 

Sejarah 

Baca juga: 'Black Sabbath-The Ballet', Pertunjukan Balet Heavy Metal Pertama di Dunia

Hari tari dunia dicetuskan Komite Tari Institut Teater Internasional (ITI) pada 1982. Tanggal 29 dipilih bukan tanpa alasan. Tanggal itu merupakan tanggal kelahiran dari sang pencipta balet modern, Jean-Georges Noverre. 

Peringatan ini ditujukan agar semua orang mulai mengetahui dan menyadari akan nilai dari semua bentuk tarian. Selain itu, hari ini diharapkan dapat membantu komunitas tari dalam mempromosikan karyanya dalam skala yang lebih besar. 

Baca juga: Pengertian dan Jenis Pola Lantai dalam Seni Tari

Berdasarkan sejarahnya, tarian ditemukan sejak 9.000 tahun lalu, tepatnya tahun 3.300 SM. Hal itu dibuktikan dengan penemuan lukisan di sebuah makam dengan bentuk orang yang sedang menari di Mesir dan  dinding batu di India.

Seiring berjalannya waktu, tarian telah menyebar di seluruh dunia. Hingga tahun 1832, penari balet asal Prancis, Marie Taglioni tampil perdana menggunakan sepatu pointe dalam pertunjukan baletnya di “La Sylphide”. Dari situlah tarian menjadi populer dan menjadi hiburan bagi sebagian orang.

Tahun 1950-1970, seiring dengan menjamurnya popularitas musik pop, tarian ikut berkembang. Berbagai gaya-gaya baru muncul yang menjadi sebuah mode dan mulai digemari segala usia.

Bahkan di tahun 2005, tarian dibuatkan menjadi serial televisi dengan judul Dancing with The Stars. Serial ini memulai debut dan ditayangkan di Amerika Serikat. Pemeran serial ini merupakan kombinasi dari selebriti Hollywood dan penari profesional.

Tayangan ini masih disiarkan di Amerika Serikat dan Kanada hingga saat ini dan sudah memasuki season ke 30.

Kini tarian telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Bahkan tarian sudah diidentikkan dengan beragam jenis musik karena seringnya tarian digunakan untuk mengiringi lantunan musik.(Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat