visitaaponce.com

Kampus Ikut Berperan Lahirkan Sarjana Hukum Berintegritas

Kampus Ikut Berperan Lahirkan Sarjana Hukum Berintegritas
Praktisi hukum Slamat Tambunan(Ist)

LEMBAGA pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi ikut berperan dalam melahirkan sarjana hukum yang memiliki integritas.

“Kampus atau perguruan tinggi harus memikirkan output para sarjana hukum, jangan sampai melahirkan sarjana hukum asal-asalan,” kata praktisi hukum Slamat Tambunan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, hari ini.

Baca juga: Universitas Pancasila Jalin Kerja Sama dengan ADMU School of Law di Bidang Pendidikan Hukum

Tak hanya itu, doktor hukum dari Universitas Krisnadwipayana ini pun berharap, pemerintah perlu memberikan pengawasan secara ketat dan kesejahteraan pada tenaga pengajar agar pengajar maksimal menjalankan tugasnya demi melahirkan penegak hukum berintegritas.

Terkait maraknya aparat penegak hukum yang tersandung hukum juga bisa jadi karena moralitas yang anjlok.

Terbaru misalnya, kasus korupsi yang menyeret Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan. Hasbi Hasan ditetapkan sebagai tersangka kasus suap hakim agung di MA oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (10/5).

Baca juga: Mahkamah Agung Perlu Berbenah Diri

Karena itu, ia mengimbau penegakan hukum bukan hanya tanggung jawab aparat penegak hukum seperti polisi, jaksa, hakim dan advokat.

Namun, lembaga pendidikan juga merupakan embrio lahirnya para pendekar hukum.

“Dari sanalah dicetak penegak hukum berintegritas, untuk itu kampus punya tanggung jawab moral agar benar-benar menghasilkan ahli hukum yang militan profesional dan berintegritas tinggi,” kata Slamat.

Lulusan S3 Hukum Universitas Krisnadwipayana tersebut saat ini masih aktif mengajar di berbagai universitas, salah satunya menjadi dosen tetap di Universitas Azzahra, Jakarta Timur.

Baca juga: Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Selenggarakan Lomba Debat

Slamat yang juga lawyer ini mendedikasikan ilmunya dengan menjadi dosen sejak 2011. Ia mengampu jurusan ilmu hukum, baik hukum pidana maupun perdata.

Hampir semua bidang ilmu di dalam jurusan ilmu hukum ia kuasai. Ada puluhan bidang ilmu yang ia ajarkan kepada mahasiswanya di Universitas Azzahra.

Selain sebagai dosen dan advokat, Slamat juga gemar menulis. Tulisan-tulisan tajamnya tersebar di berbagai media massa.

Pria keturunan Batak ini sempat menghiasi layar kaca pada akhir 2022 ketika melakukan pembelaan saat menangani Reza Paten yang tersangkut kasus Robot Trading Net89. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat