visitaaponce.com

Hati-hati Perempuan Lebih Sering Terkena Lupus, Ini Alasannya

Hati-hati! Perempuan Lebih Sering Terkena Lupus, Ini Alasannya
Lupus lebih sering menyerang perempuan dibandingkan pria(Ist)

PENYAKIT lupus, ternyata lebih sering terjadi pada perempuan. Penyakit kronis ini biasanya menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, seperti persendian, kulit, dan organ tubuh lainnya. 

Lupus juga tergolong penyakit autoimun. Sebab, penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh yang nantinya menyerang sel dan organ tubuh sendiri. 

Sebenarnya lupus dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Namun dibanding pria, penyakit autoimun ini lebih sering terjadi pada perempuan. Yuk, simak alasannya di sini.

Baca juga: Makanan yang Dianjurkan Bagi Penderita Lupus

Alasan Perempuan Rentan Terkena Lupus

Menurut Ketua Yayasan Lupus Indonesia Tiara Savitri mengatakan, lupus merupakan penyakit autoimun dan paling banyak dialami oleh perempuan yang berisiko 9 kali lebih besar daripada pria untuk terkena lupus.

"Lupus itu adalah salah satu penyakit autoimun yang salah satu pencetus atau penyebabnya adalah factor hormonal. Faktor Hormonal inilah yang menyebabkan Wanita paling banyak mendapatkan penyakit lupus," ucapnya. 

Baca juga: Hari Lupus Sedunia 10 Mei, Artis Tak Luput dari Lupus

Tiara menerangkan bahwa  Lupus paling sering terjadi pada wanita yang berada di kisaran usia 15–50 tahun atau masih dalam masa reproduksi. Selain itu juag berdasarkan pengalamnya di lapangan Yayasan Lupus Sendiri juga menemukan orang dengan Lupus di Bawah usia 5 tahun bahkan masih 4 bulan.

"Saat itu kita ketemu yang masih lima tahun dan bahkan kita ketemu orang dengan lupus berusia empat bulan. Biasanya itu terkena di usia-usia 15 sampai 50 tahun. Dan ada juga yang usianya di asta 50 tahun bahkan 81 tahun yang paling banyak," tuturnya.

Mengidap lupus juga dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan terjadi lebih awal daripada biasanya. Kondisi kesehatan tersebut, meliputi:

  • Osteoporosis

Beberapa obat lupus dapat menyebabkan keropos tulang. Selain itu, seperti halnya lupus, wanita juga lebih berisiko mengalami osteoporosis daripada pria. Faktanya, sekitar 80% osteoporosis di Amerika Serikat adalah wanita.

  • Penyakit Jantung

Lupus juga dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung, karena banyak pengidap lupus juga memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Wanita dengan lupus juga berisiko 50 kali lebih berisiko mengalami nyeri dada atau serangan jantung.

  • Penyakit Ginjal

Lebih dari setengah orang yang mengidap lupus juga mengalami masalah ginjal.

Itulah sedikit penjelasan mengenai alasan mengapa lupus lebih sering menyerang perempuan daripada pria. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat