visitaaponce.com

Beasiswa IISMA Berikan Pengalaman Belajar di Luar Negeri

Beasiswa IISMA Berikan Pengalaman Belajar di Luar Negeri
Penerima Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) dari Universitas Prasetiya Mulya(MI/HO)

PROGRAM Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) memberikan pengalaman belajar di luar negeri bagi mahasiswa.

Kesempatan besar ini yang telah dirasakan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya. Mereka bisa belajar selama satu semester di berbagai perguruan tinggi dunia.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan  Universitas Prasetiya Mulya, Maydison Ginting, mengatakan, IISMA memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan di luar negeri.   

"Mahasiswa akan mendapat pengalaman internasional dari perkuliahan di luar negeri yang berbeda dengan yang mereka jalani di Indonesia," kata Maydison lewat keterangan yang diterima, Sabtu (13/5).

William Hanlim, mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya peraih beasiswa IISMA yang sudah merasakan pengalaman berharga di Korea University menuturkan, gaya belajar mahasiswa di Korea University menuntut mahasiswa lebih mandiri. 

Dia menilai masyarakat Korea lebih berjiwa kompetitif dan ambisius. Sehingga, secara budaya memiliki perbedaan dengan masyarakat di Indonesia. 

Terkait cara untuk lolos menjadi penerima beasiswa IISMA, William memberikan beberapa masukan, yakni mengenai kemampuan bahasa Inggris dan menghadapi wawancara.   "Latihan bicara bahasa Inggris karena pas wawancara dilihat cara kelancarannya. Terus bisa memberikan tujuan yang jelas kenapa kita mau ke negara dan kampus tersebut,

Pengalaman yang sama disampaikan Kelsey Mareti yang lolos IISMA ke Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Menurutnya, bisa kuliah di NTU adalah memperluas relasi dan jaringan internasional.

"Saya bertemu dan kenal banyak orang yang kasih good impact. Semenjak IISMA pun saya terdorong untuk menjadi lebih baik dan produktif," kata mahasiswi jurusan Food and Business Technology ini.

Sedangkan Bun Richita Lisette yang Agustus 2023 akan berangkat ke NTU lewat IISMA ini ingin mendapat pengalaman kuliah yang berbeda dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan sebagai bekal masa depannya. (Ant/H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat