visitaaponce.com

Jatuh Bangun Jadi Cosplayer, Azulacan Pernah Dibayar Rp200 Ribu

Jatuh Bangun Jadi Cosplayer, Azulacan Pernah Dibayar Rp200 Ribu
Cosplayer Azulacan(Ist)

KONTEN kreator sekaligus gamer Winny Haroza Inantoputri bercerita soal dunia cosplay yang dilakoninya sejak 2015.

Azulacan, demikian orang mengenalnya, mulai tertarik berdandan ala anime (animasi/kartun khas Jepang) dengan kostum anime sejak lulus SMA.

"Jadi ada banyak waktu luang sambil menunggu masuk kuliah. Ya sudah coba cosplay," imbuh Azulacan dalam keterangannya, Sabtu (27/5).

Baca juga : PlayStation 5 Rilis Final Fantasy XVI, Penggemar Puji Alur Ceritanya

Perempuan kelahiran 4 November 1997, itu mengetahui dunia cosplay melalui media sosial dan event di kampung halamannya, Pontianak, Kalimantan Barat.

Event pertama yang diikuti lulusan S-1 Hubungan Internasional Presiden University ini, menjadi cosplay Kotori Minami dari anime “Love Live!”.

Pemilik akun Instagram @azulacan ini mengaku menjadi cosplayer harus bersusah payah membeli kostum, sebab saat itu belum ada rental kostum.

Baca juga : Pameran Attack on Titan Hadir di Jakarta, Cek Jadwal dan Harga Tiketnya

"Karena bukan dari keluarga berada, untuk membeli kostum seharga satu jutaan harus menabung hingga berbulan-bulan. Sekarang sih bisa rental Rp200-Rp300 ribu, sudah bisa jadi anime," ungkapnya.

Usai dua tahun berselang, dia memutuskan pindah ke Jakarta. Di Jakarta inilah, job menjadi cosplayer cukup banyak.

"Dulu pas awal-awal jadi cosplay dibayar Rp200 ribu seharian juga mau, karena memang perlu uang," ucapnya.

Baca juga : Deretan Karakter Anime Terganteng

Namun, seusai 8 tahun berlalu, kini Azulacan sudah memiliki rate card sendiri, bahkan memiliki manajer pribadi yang mengurusi agendanya.

Lonjakan karier Azulacan sebagai cosplayer terjadi pada 2017. Dirinya mendapatkan job dari official Mobile Legend sebagai cosplay karakter di gim online itu dan keliling ke banyak kota di Indonesia.

Ketika itu, ia banyak berinteraksi dengan netizen dan akun media sosial-nya mendapatkan puluhan ribu followers. Namun, pada 2020 akun tersebut di-banned tanpa alasan jelas.

Baca juga : Tahilalats Resmi Berkolaborasi dengan Crayon Shinchan

"Saya depresi berat karena itu jadi sumber mencari rupiah. Terlebih, ada beberapa kontrak yang masih berjalan di akun tersebut," kenangnya.

Lalu, ia pun membangun akun baru dari nol dengan dukungan dari teman-temannya. "Sekarang jumlah followers sudah jauh melampaui akun lama."

Azulacan banyak berpartisipasi pada acara bergengsi seperti Certified Official HoYoverse Content Creator yang melibatkan banyak kreator HoYoverse dari seluruh dunia.

Baca juga : 4 Rekomendasi Anime Masak Seru yang Bikin Lapar, Begini Sinopsisnya

Ia juga kerap ditunjuk jadi official cosplayer/model beberapa brand, khususnya gim seperti Mobile Legends pernah jadi Freya, Odette, dan Fanny.

Di Genshin Impact jadi Faruzan, CODM jadi Scylla-Red Rose, dan di Tower of Fantasy jadi Meryl. (RO/S-2)
 

Baca juga : Ramengvrl Mengaku Baru Suka One Piece

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat