visitaaponce.com

Unas Gandeng AIHII Berikan Pencerahan Ilmu Hubungan Internasional

Unas Gandeng AIHII Berikan Pencerahan Ilmu Hubungan Internasional
Dosen hubungan internasional Unas bersama anggota Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia dan narasumber berfoto bersama.(Ist)

PROGRAM studi hubungan internasional (HI) Universitas Nasional (Unas) berkolaborasi dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) memberikan pencerahan kembali soal ilmu hubungan internasional kepada mahasiswa.

Hal itu dikemas dalam seminar The 7th Global Knowledge from AIHII Epistemic jilid kedua yang digelar di Kampus Unas, Jakarta, Rabu (31/5).

Baca juga: Presidensi G-20 dan Diplomasi Indonesia

Ketua AIHII Dr Asep Kamaluddin Nashir menyampaikan kegiatan dengan tema Genealogi studi hubungan internasional Indonesia itu memberikan pemahaman dan keilmuan terkait asal usul ilmu hubungan internasional.

"Kami memiliki tanggung jawab secara akademik untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi melalui seminar. Ini acara kedua Unas sebagai tuan rumah karena memiliki histori cukup baik mengenai hubungan internasional," paparnya.

Ia melanjutkan sebagai organisasi, AIHII akan memperkuat keilmuannya dan mengembangkan atau bersinergi dengan kampus-kampus yang manfaatnya tidak hanya untuk para dosen, tetapi juga untuk mahasiswa.

"Pertama semakin tercerahkan mengenai ilmu hubungan internasional dan akan bisa jadi satu rumpun sendiri. Selain itu, dengan peningkatan teknologi kita harus selalu adaptif dan positive thinking serta memiliki otoritas dalam bidang keilmuan," katanya.

Baca juga: Bagaimana Sikap ASEAN terhadap Krisis Myanmar?

Ketua Program Studi Hubungan Internasional Unas Dr Irma Indrayani MSi mengatakan seminar ini bertujuan lebih menyosialisasikan dan mendiskusikan lagi ilmu hubungan internasional mulai dari sejarahnya dan perkembangannya di Indonesia.

"Jadi kalau selama ini kita kenal ahli hubungan internasional adalah orang dari luar tapi sebenarnya kita juga punya ahli dari Indonesia."

"Untuk itu, penting bagi kita mempelajari hubungan internasional karena dengan begitu kita mampu melihat pengaruh politik internasional dalam kebijakan domestik," pungkasnya.

Kegiatan seminar program studi HI bersama AIHII ini mengundang pakar hubungan internasional Prof Arry Bainus dan Prof Aleksius Jemadu untuk menceritakan asal usul ilmu hubungan internasional dan perkembangannya saat ini.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unas Dr Aos Yuli Firdaus SIP MSi meminta mahasiswa untuk terus mendalami dan mempraktikkan ilmu hubungan internasional di masyarakat.

"Dalam kegiatan ini banyak hal yang didapatkan mengenai sejarah hubungan internasional dalam pengaruh pengambilan keputusan dalam negeri misalnya. Ini menjadi momen untuk mahasiswa lebih paham mengenai pentingnya ilmu hubungan internasional," tutupnya. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat