visitaaponce.com

Program CSR Harus Beri Nilai Tambah Bagi Masyarakat

Program CSR Harus Beri Nilai Tambah Bagi Masyarakat
Kegiatan CSR yang dillaksanakan PT Kideco Jaya Agung (Kideco) di masyarakat.(Ist)

PROGRAM Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan, harus bisa memberikan nilai tambah untuk masyarakat penerima.

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan, menegaskan program CSR harus bisa memberikan nilai tambah baik di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi. 

“Program CSR Kideco merupakan investasi sosial untuk tumbuh bersama secara harmonis dan menciptakan keberlanjutan di masa depan," ujar Mohammad Kurnia Ariawan dalam sambutannya di acara TOP CSR Award 2023 yang digelar oleh Top Business, di Jakarta, Rabu (7/6). 

Baca juga: Baznas Raih Dua Penghargaan TOP CSR Awards 2023

"Harapannya kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat, baik di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi yang sejalan dengan visi Kideco menjadi “the most reliable and eco-friendly Indonesian energy provider for sustainable future," ujar Kurnia.

Kideco Kembali Raih TOP CSR Award 2023.

Dalam acara tersebut, Kideco yang merupakan anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali meraih penghargaan dalam ajang TOP CSR Award 2023.

Penghargaan tersebut meliputi TOP CSR 2023 Stars 5, TOP CSR Awards 2023; Innovation Program Kampoeng CSR to SDGs serta TOP Leader on CSR Commitment 2023 yang diberikan langsung kepada Direktur Utama Kideco.

Baca juga: CSR Bukan Cuma Donasi, Tapi Juga Mengungkit Pertumbuhan Perusahaan   

Lebih lanjut Kurnia menjelaskan, bahwa penghargaan yang diterima Kideco, akan menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus memberikan yang terbaik tidak hanya untuk masyarakat sekitar lokasi perusahaan,akan tetapi juga seluruh Indonesia. 

CSR Berdampak Positif Bagi Masyarakat

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro, mengatakan bahwa ada banyak dampak positif dari program CSR, salah satunya adalah berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. 

“Forum ini mengamalifikasi pentingnya kita untuk terus belajar dan menjawab tantangan, tidak hanya keberlanjutan, tapi yang terpenting saat ini dalam jangka pendek adalah mencegah terjadinya collapse, baru kita mewujudkan ekonomi kita menjadi lebih baik lagi," jelasnya.

Baca juga: Perusahaan Diajak Gunakan CSR untuk Beasiswa Akademi Sepak Bola

"Apresiasi kepada para pemenang yang telah menerapkan prinsip-prinsip tadi dan itu semua adalah bagian pembelajaran untuk kita semua," kata Sigit Reliantoro.

TOP CSR Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business ini digelar untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Baca juga: Mind Id Bawa UMKM Kolang Kaling Kolka Griya ke Kancah Internasional

Tema yang diambil dalam TOP CSR Awards 2023 adalah “CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth.”Penghargaan TOP CSR Award 2023 ini diikuti oleh 177 Perusahaan finalis dari berbagai sektor. 

Strategi ESG Perusahaan

Kideco sendiri telah melakukan beberapa inisiatif sebagai turunan dari strategi ESG perusahaan, seperti pembuatan kawasan hijau terpadu Samurangau Eco Park dengan aspek pendidikan dan budaya di dalamnya.

Selain ittu, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS), reklamasi, Arboretum Tandarayan, penggunaan solar panel untuk perumahan karyawan, penggunaan bus listrik untuk operasional karyawan, penanaman mangrove, serta inisiatif lainnya bersama dengan mitra kerja melalui efisiensi bahan bakar dan penggunaan air. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat