visitaaponce.com

FKIP Universitas Terbuka Adakan PKM Tingkatkan Kompetensi Guru

FKIP Universitas Terbuka Adakan PKM Tingkatkan Kompetensi Guru
Kampus Universitas terbuka(Dok. UT)

UNIVERSITAS Terbuka (UT) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada Juni hingga September tahun ini dengan tema 'peningkatan literasi dan kemampuan digital menuju Kota Tangerang Selatan yang cerdas dan modern.'

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas Tri Dharma perguruan tinggi seorang dosen. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT berkewajiban melaksanakan PKM minimal satu kali dalam satu tahun secara umum dengan tujuan dari agar para dosen dapat berbagi pengetahuan kompetensi, keahlian, dan ilmunya kepada masyarakat sekitar yang memerlukannya. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah masyarakat persekolahan khususnya adalah para guru.

Baca juga : Ramai Soal Marketplace Guru, Intip Pengalaman Odysee Education Jalankan Platformnya

Dekan FKIP UT Prof Ucu Rahayu mengatakan tujuan dari kegiatan PKM 2023 ini adalah meningkatkan pengetahuan guru dalam pemanfaatan bahan ajar digital untuk meningkatkan performa belajar siswa menuju Tangerang Selatan kota cerdas.

"Tujuan yang kedua adalah meningkatkan pengetahuan guru di Kota Tangerang Selatan dalam pemanfaatan sumber belajar online matematika dan sains dengan pendekatan teknologi. Kemudian untuk meningkatkan pengetahuan dalam evaluasi pembelajaran bagi guru," kata Ucudalam Pembukaan Abdimas FKIP-UT secara daring, Jumat (9/6).

Baca juga : 7.890 Guru Resmi Jadi Guru Penggerak

Tujuan lainnya yakni meningkatkan literasi digital bagi para guru melalui pelatihan pembuatan media power point interaktif berbasis android dan terakhir bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui pelatihan pembawa acara formal dan non formal bagi para guru.

Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sekitar 150 guru yang tersebar dari tingkat TK, SD, dan SMP. Kemudian ada sekitar 60 peserta yang akan mengikuti pelatihan pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar digital untuk meningkatkan performa belajar siswa.

"Ada sekitar 30 peserta guru yang mengikuti kegiatan pemberdayaan guru di Kota Tangerang Selatan dalam pemanfaatan sumber belajar online matematika dan sains," ujarnya.

Kemudian ada sekitar 20 guru yang akan dilatih dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Sekitar 15 guru yang akan dilatih dalam rangka peningkatan literasi digital melalui pelatihan pembuatan media power point interaktif berbasis Android dan ada 25 guru yang akan mengikuti kegiatan pengangkatan keterampilan berbicara melalui pelatihan pembawa acara formal dan non formal.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Deden Deni mengapresiasi pengabdian kepada masyarakat oleh UT. Acara ini merupakan tahun ketiga kerja sama UT dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

"Ini menjadi wujud moto Tangerang Selatan yang cerdas dan modern selain itu guru-guru dan indikator dari modern salah satunya penggunaan teknologi," ungkapnya.

Ini juga bermanfaat pada sektor pendidikan dan menjadi suatu kebutuhan yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat baik mudah maupun para orang tua.

"Kami berharap bisa mengikuti dan mengimplementasikan di sekolah karena siswa siswi kita kemampuan digitalnya luar biasa dan jangan sampai gurunya yang tertinggal. Oleh karena itu ini bisa meningkatkan kemampuan dan harapannya bisa diimplementasikan," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat