visitaaponce.com

Januari-Juni 2023 Luas Karhutla 16.637 Hektare, KLHK Turun Dibanding Tahun 2022

Januari-Juni 2023 Luas Karhutla 16.637 Hektare, KLHK : Turun Dibanding Tahun 2022
Menteri LHK Siti Nurbaya(Antara)

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini turun jika dibandingkan dengan 2022 lalu.

Berdasarkan catatan KLHK, pada tahun ini, dari periode Januari sampai Juni ada seluas 16.637 areal yang terbakar.

Sementara pada 2022 dengan periode yang sama ada seluas 35.212 hektare areal yang terbakar.

Baca juga : Hadapi Karhutla 2023, Ini Strategi Pemerintah

Siti menuturkan, memasuki musim kemarau tahun ini, sudah ada tujuh provinsi yang menetapkan status siaga karhutla. Yaitu Riau, Kalimantan Barat, Sumatra Barat, Jambi, NTT, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

"Jadi kami sudah menyiapkan langkah antisipatif dengan menyiapkan 15 unit pesawat dari BRIN, BNPB dan KLHK," kata Siti dalam Rapat Kerja bersama Komisi IV, Senin (12/6).

Baca juga : El Nino, Pembasahan Lahan Gambut dengan Modifikasi Cuaca Digalakkan

Adapun, jika hotspot terdeteksi muncul di area kerja pihak swasta, maka pemerintah akan menugasi pihak yang memegang izin wilayah tersebut untuk melakukan langkah antisipatif.

Ia menjelaskan bahwa pola kebakaran hutan dan lahan di Riau akan berbeda dengan wilayah-wilayah lainnya. Pada Maret dan April umumnya akan terjadi kebakaran intens. Lalu menurun dan naik lagi di bulan Juni hingga Agustus dan mencapai puncaknya pada September. Karenanya, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah antisipasi.

"Saat ini telah dilakukan TMC seperti di Riau, Jambi, Sumatra Selatan, NTT, Kalimantan Barat itu pada April dan Juni," pungkas dia. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat