visitaaponce.com

Dua Ulama Khatamkan Al-Quran Ribuan Kali dalam Hidup

Dua Ulama Khatamkan Al-Qur'an Ribuan Kali dalam Hidup
Umat Islam membaca Al-Qur'an setelah melaksanakan salat zuhur di Masjid At-Tin, Jakarta Timur.(MI/Moh Irfan.)

AGAMA Islam menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an. Bahkan kitab suci yang terdiri dari 114 surat dan 6.666 ayat itu banyak dituntaskan pembacaannya oleh umat Islam dalam waktu singkat. Ada yang khatam membaca Al-Qur'an sebulan sekali atau seminggu sekali.

Karena itu, wajar jika para ulama dalam seumur hidupnya dapat mengkhatamkan membaca Al-Qur'an hingga ribuan kali. Tengok saja kisah hikmah dari Abdullah bin Idris al-Audi al-Kufi yang wafat pada 192 H. Ia seorang ulama hadis yang amat terkenal. Selain khusyuk, ia sangat tekun pada bidang hadis. Pada setiap hadis yang ia riwayatkan, dipastikan memiliki hujah. 

Pada masa khalifah Harun ar-Rasyid, ia pernah ditawari untuk menjadi qadhi (hakim). Namun ia menolak tawaran itu karena sifat wara' atau hati-hati. Ketika maut hendak menjemput Abdullah bin Idris, putrinya menangis. 

Baca juga: Ide Abu Bakar Al-Miski Lepas dari Rayuan Perempuan Nakal

"Janganlah engkau menangis wahai putriku. Aku sudah mengkhatamkan Al-Qur'an di rumah ini sebanyak 4.000 kali,"
kata Abdullah bin Idris dengan suara lirih. 
 
Contoh lain ialah Abu Bakar bin Iyasy al-Asadi al-Kufi al-Khayyath yang wafat pada 193 H. Ulama senior Kuffah ini ahli di bidang qira'ah dan hadis. Ia menulis lebih dari 90 karya. 

Baca juga: Cerita Panglima Abdullah bin Hudzafah dengan Kaisar Heraklius

Pada saat terakhir kehidupan Abu Bakar bin Iyasy, adiknya menangis. "Jangan menangis. Lihatlah musala pribadi 
di rumah ini. Di situ aku telah mengkhatamkan Al-Qur'an sebanyak 18 ribu kali. Demikian terdengar dari lisan Abu Bakar bin Iyasy.

Kisah penuh hikmah itu dilansir dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X yang ditulis Ahmad Taufik dan Nurwastuti Setyowati. Semoga kisah dua ulama itu dapat menginspirasi kita untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an dan mengkhatamkannya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat