visitaaponce.com

Contoh Energi Alternatif dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Energi Alternatif dalam Kehidupan Sehari-hari
Banyak energi alternatif yang bisa menggantikan bahan bakar konvensional. Simak contohnya berikut.(Medcom)

ENERGI alternatif merujuk pada semua jenis energi yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional. Energi alternatif juga dikenal sebagai sumber energi terbarukan.

Sedangkan energi konvensional meliputi gas alam, batu bara, dan uranium. Tujuan dari penggunaan energi alternatif adalah menggantikan dan mengurangi penggunaan bahan bakar yang merusak lingkungan. Penggunaan energi alternatif juga merupakan upaya dalam mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Berikut adalah beberapa jenis sumber energi alternatif:

Baca juga: India Beri Insentif Rp6,7 triliun untuk Proyek Penyimpanan Baterai

1. Matahari

Panas matahari adalah contoh energi alternatif yang sering digunakan. Matahari adalah sumber energi yang selalu tersedia dan tidak akan pernah habis. Sinar matahari dapat diubah menjadi energi listrik melalui panel surya. Selain itu, energi matahari memiliki banyak manfaat lain bagi kehidupan.

Baca juga: Pasang Solar Panel, Blue Bird Siap Turunkan Emisi Karbon 2 Ribu Ton Per Tahun

2. Panas Bumi

Selain matahari, energi alternatif lainnya adalah panas bumi atau geothermal. Banyak pembangkit listrik menggunakan energi panas bumi. Sumber energi ini berasal dari dalam bumi yang muncul akibat aktivitas vulkanik gunung berapi.

3. Angin

Angin juga merupakan solusi energi alternatif. Angin termasuk dalam kategori energi ramah lingkungan dan telah dikembangkan di beberapa negara. Beberapa negara telah menggunakan energi angin untuk pembangkit listrik, salah satunya dengan menggunakan kincir angin.

4. Gas Alam

Gas alam juga merupakan sumber energi alternatif yang dapat digunakan. Gas alam terdiri dari campuran gas hidrokarbon yang ditemukan di dalam tanah dengan tekanan tinggi. Salah satu contoh pemanfaatan gas alam adalah gas elpiji yang sering digunakan.

5. Air

Energi air atau hidroenergi dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Energi ini diperoleh dari kekuatan air dengan cara memanfaatkan aliran sungai. Terdapat banyak pembangkit listrik tenaga air yang mengandalkan aliran air sungai melalui bendungan atau turbin.

6. Biomassa

Biomassa adalah sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan limbah hewan. Pengembangan energi biomassa bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dan listrik.

7. Gelombang

Energi gelombang laut dapat menjadi sumber energi alternatif. Prinsip kerjanya adalah mengumpulkan energi dari gelombang laut untuk menggerakkan turbin generator. Namun, penggunaan energi gelombang laut masih jarang karena biayanya yang tinggi.

8. Pasang Surut

Energi pasang surut laut berasal dari gelombang bawah laut yang disebut pasang surut. Energi ini belum banyak dikenal, tetapi memiliki keunggulan dalam efisiensi dan tidak memerlukan teknologi yang rumit.

9. Etanol

Etanol adalah sumber energi alternatif yang dibuat melalui proses fermentasi dari tumbuhan tertentu. Bahan bakar ini dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan oktan dan kualitas emisi.

10. Hidrogen

Hidrogen menjadi salah satu sumber energi alternatif yang digalakkan untuk masa depan. Hidrogen menggunakan proses pembakaran yang hanya menghasilkan air dan energi (listrik dan panas). Energi ini dapat dikonversi menjadi listrik hingga hampir 100%, sementara sisanya berupa panas.

11. Biodiesel

Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang digunakan sebagai pengganti bahan bakar diesel dan terbuat dari sumber energi terbarukan, seperti minyak nabati dan lemak hewan. Penggunaan biodiesel semakin meningkat karena sifatnya yang dapat diperbarui dan ramah lingkungan.

12. Metanol

Metanol adalah salah satu jenis bahan bakar alternatif untuk mesin pembakaran dalam dan mesin lainnya. Metanol dapat digunakan sebagai campuran dengan bensin atau digunakan sebagai bahan bakar mandiri. Metanol dapat diproduksi dari bahan bakar fosil atau sumber energi terbarukan lainnya.

13. Nuklir

Energi nuklir juga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Reaksi nuklir dapat terjadi melalui reaksi fisi nuklir dan fusi nuklir. Reaksi fisi nuklir melibatkan pembelahan inti atom menjadi inti atom yang lebih kecil. Penggunaan energi nuklir masih kontroversial karena dampak yang mungkin ditimbulkannya.

14. Piezoelektrik

Piezoelektrik adalah kemampuan kristal atau bahan tertentu untuk menghasilkan tegangan listrik ketika diberikan tekanan atau regangan. Energi piezoelektrik dihasilkan melalui tekanan mekanik.

Kelebihan dan manfaat 

  1. Terbarukan, sehingga tidak akan mengalami kelangkaan.
  2. Ramah lingkungan.
  3. Pasokan energinya melimpah.
  4. Dapat menggantikan sumber energi fosil yang merusak lingkungan.
  5. Lebih ekonomis dalam jangka panjang dibandingkan dengan energi konvensional.
  6. Beberapa teknologi dalam energi alternatif mudah digunakan di daerah terpencil.

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat