visitaaponce.com

Ketua Kloter Harus Aktif Cek Pemenuhan Layanan Jemaah

Ketua Kloter Harus Aktif Cek Pemenuhan Layanan Jemaah
Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal Hasyim didampingi pimpinan Daerah Kerja Madinah PPIH Arab Saudi, memberi arahan pada apel pagi(MI / Windy Dyah Indriantari)

PENYELENGGARAAN haji 1444 H/2023 sejauh ini relatif berjalan dengan baik. Hal itu berkat kerja keras dan kekompakan para petugas haji dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

Untuk itu, Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal Hasyim mengapresiasi kinerja para petugas. Meski begitu, ia memberikan catatan tentang dinamika koordinasi petugas non kloter atau petugas sektor dengan petugas kloter.

"Tentang ketua kloter, saya melihat kapasitasnya sekarang masih bisa dioptimalkan," kata Faisal saat memberi arahan dalam apel pagi petugas Daerah Kerja (Daker) Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Rabu (14/6).

Baca juga : Kloter Haji Ini Sempat Hadapi Dilema Masuk Raudhah

Menurut Faisal, ketua kloter semestinya menjadi bagian integral dari sektor di daerah kerja PPIH. Ketika ada pergerakan jemaah, petugaa kloter ikut membantu di dalamnya bersama petugas sektor.

Baca juga : PPIH Upayakan Hanya 3 Hari Jemaah Haji Tanpa Layanan Katering

"Jangan seperti sekarang yang berjibaku adalah petugas-petugas sektor, non kloter ini," ujar Faisal.

Sebagai petugas yang paling dekat dengan dengan jemaah, para ketua sektor diminta aktif melayani jemaah dari pintu ke pintu. Mereka harus mengecek langsung ke jemaah tentang pelayanan yang mereka terima, apakah sudah memuaskan atau masih ada masalah.

"Tanya masalah air, masalah kebersihan, apakah sprei diganti, semua ditanyakan," tutur Faisal.

Ia menambahkan, arahan agar petugas kloter terintegrasi dengan sektor juga akan disampaikannya ke PPIH pusat. Dengan demikian bisa segera diterapkan.

Untuk Daker Madinah, menurut Faisal, hal itu paling tidak harus bisa terlaksana menyambut kedatangan jemaah gelombang kedua dari Mekah ke Madinah.

"Saya berharap ketua kloter dan petugas kloter ikut bahu membahu bersama-sama melayani jemaah secara masif yang sesuai arahan Pak Menteri (Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas) kita harus memberi pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah kita," tandas Faisal. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat