visitaaponce.com

Buku Scale Up Bisa Jadi Panduan Pemula Merintis Wirausaha

Buku Scale Up Bisa Jadi Panduan Pemula Merintis Wirausaha
Penulis Buku Scale Up Afrig Wasiso(Ist)

SURVEI Kolaborasi pada awal 2023 menemukan 58,3% pemuda Indonesia memilih jadi wirausaha, pengusaha, atau pebisnis sebagai profesi untuk memperoleh penghasilan dan penghidupan.

Namun, jika menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Desember 2022 jumlah pengusaha di Indonesia cuma 3,47% dari total penduduk.

“Dari sini kita melihat ada kesenjangan, antara keinginan dan kenyataan. Yang ingin jadi pengusaha ada 37 jutaan orang, tapi yang beneran nyemplung baru 3 jutaan. Masih jauh,” ungkap Afrig Wasiso, penulis buku Scale Up, dalam keterangannya, Kamis (15/6).

Baca juga: Kisah Hairu Umam Bento, Sukses Kembangkan Bisnis Dari Nol Hingga Jadi Miliarder Muda

Masih menurut Afrig, ada dua gap yang biasanya menjadi halangan bagi mereka untuk merintis bisnis. Yang pertama, gap keberanian. Dan yang kedua, gap pengetahuan.

“Gap keberanian terjadi karena banyak yang takut kehabisan modal, atau karena modalnya sedikit, atau malah gak punya modal sama sekali," ujar Afrig.

“Adapun gap pengetahuan terjadi karena minimnya ketersediaan bahan belajar tentang bisnis yang terjangkau, yang mudah dipahami, yang runut dan bisa langsung dipraktikkan."

Dengan semangat mengisi kedua gap tersebut, Afrig Wasiso menggandeng partner bisnisnya Alfan Robbani untuk menulis buku Scale Up, sebuah buku panduan wajib untuk merintis bisnis.

“Kami menyebutnya google maps pengusaha. Karena buku ini bener-bener menjelaskan secara urut. Setelah ini ngapain, setelah itu ngapain. Kalau proses ini gagal, apa yang harus dilakukan. Kalau berhasil lanjut melakukan ini," jelas Afrig.

Baca juga: Perempuan 24 Tahun Asal Jambi Ini Sukses Rintis Bisnis Kecantikan

Buku Scale Up menjelaskan detail dengan bahasa yang mudah dipahami, cara merintis bisnis mulai dari riset produk yang market fit, memasarkannya secara digital, cara menjual, mengatur keuangan sampai merekrut dan mengembangkan tim untuk scale up bisnis.

Banyak di antara pengusaha Indonesia menyebut buku ini sebagai buku terbaik untuk dibaca sebelum memulai bisnis. 

Sejumlah pakar seperti pakar branding Subiakto, ex CFO Bukalapak Fajrin Rasyid, motivator bisnis Merry Riana, pengusaha Jogja Mas Saptuari, dan influencer Instagram Bang Ogut Mudacumasekali ikut memberikan rekomendasi pada buku ini.

Bahkan buku terbitan Aksoro yang sudah terjual lebih dari 12.000 buku ini diakui ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan internet marketer sebagai buku yang tepat untuk membangun bisnis dan keluar dari zona UMKM.

“Karena ini buku praktek, bukan buku teori," tutup Alfan Robbani, salah satu penulis buku Scale Up. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat