visitaaponce.com

Lagu Daerah Jawa Timur Terpopuler dan Liriknya

Lagu Daerah Jawa Timur Terpopuler dan Liriknya
Ilustrasi.(Antara/Didik Suhartono.)

DI Jawa Timur, selain terkenal sebagai kawasan perekonomian yang penting di Pulau Jawa, ia juga dikenal sebagai daerah yang kaya kesenian dan kebudayaan. Masyarakatnya pun memiliki banyak lagu daerah yang masih terus didengar dan dinyanyikan hingga sekarang. 

Berikut lima lagu daerah Jawa Timur yang paling terkenal. Yuk bernyanyi bersama.

Lindri

Lindri adhang telung pithi lawuhe bothok teri 
Ahitutul mak enet enet 
Ahiemplok plok amak telep Pacak gulu cingkring adhuh yayi sendhal pancing
Adhudhangkrek krek adhuh dhangkrek krek

Baca juag: 10 Contoh Lagu Daerah Jawa Tengah dan Liriknya

Makna lirik lagu Lindri yaitu selalu mensyukuri yang diberikan Tuhan kepada kita, hamba-Nya. Meski yang kita dapatkan tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan, tetapi kita selalu mendapatkan yang benar-benar kita butuhkan.

Kembang Malathe

Kembang malathe pote
Beunah ro'om ngapencote
Gik buru e pettek deri taman sare
Ropana segger tor asre

Bennyak kembeng se sae
Tak seddep akadhi malate
Menangka kasogen kaator kapotre
Se seddep akadhi malathe

Baca juga: Lagu Daerah Papua Beserta Lirik dan Makna

Dibandingkan dengan lagu Rek Ayo Rek yang kepopulerannya sudah ke mana-mana, lagu Kembang Malathe mungkin bukan apa-apa. Namun, sama seperti judulnya, lagu ini memiliki arti yang sangat indah.

Judul Kembang Malathe memiliki arti bunga melati. Sesuai dengan judulnya, lagu ini bercerita tentang bunga melati yang indah, wangi, dan pas untuk diberikan kepada orang tersayang.

Jamuran

Jamuran ya ge ge thok
Jamu apa ya ge ge thok
Jamur gajih mberjijih sak ara-ara
Semprat-semprit Jamur apa

Salah satu fungsi dari lagu daerah ialah pengiring dalam permainan anak-anak. Hal itu juga berlaku bagi lagu satu ini. 

Berjudul Jamuran, lagu ini sebenarnya tidak memiliki makna khusus seperti lagu-lagu lain. Namun lagu ini sering digunakan anak-anak zaman dulu untuk mengiringi permainan mereka. 

Pa' Kopa' Eling

Pa' kopa' eling,
Elingnga sakoranji,
Eppa'na olle paparing,
Ana' tambang tao ngaji…
Ngaji babana cabbi,

Ka'angka'na sarabi potthon,
E cocco' dhangdhang pote keba mole,
E cocco' dhangdhang celleng keba melleng

Kalau lagu sebelumnya menjadi pengiring dalam permainan anak-anak dan tidak memiliki makna khusus, Pa' Kopa' Eling justru sebaliknya. Lagu ini memiliki makna mendalam. 

Penciptanya ingin mengingatkan orang-orang untuk selalu eling atau mengingat, tepatnya mengingat Tuhan dan tidak lupa dalam menjalankan perintah-Nya seperti salat, puasa, dan sejumlah ibadah lain.

Cublak Cublak Suweng

Cublak cublak suweng,
Suwenge ting gelèntèr,
Mambu ketundhung gudèl…

Pak empong lera-léré,
Sapa ngguyu ndelikkaké,
Sir sir pong dhelé kopong,
Sir sir pong dhelé kopong…

Kalau lagu satu ini, kamu pasti pernah mendengar atau menyanyikannya saat masih kecil kan? Bahkan meski kamu tidak berasal dari Jawa Timur, lagu ini sangat populer hingga ke luar wilayah Jawa Timur.

Dulu, lagu ini juga sering dijadikan sebagai pengiring untuk permainan anak-anak. Uniknya, meski sering menjadi lagu pengiring anak-anak saat bermain, lagu Cublak-Cublak Suweng justru memiliki arti yang mendalam.

Lagu ini sendiri memiliki makna untuk tidak rakus dengan harta dunia yang dimiliki. Karena sebanyak apapun harta yang kita miliki, hal itu tidak akan menjadi jaminan kita akan mendapatkan kebahagiaan. 

Re Sere Penang

Re-sere penang,
Penangnga penang jambe,
Maju kaka' maju ale',
Pa bagus tengkana, lako becce',
Kalellan e ka'dinto

Sebelas dua belas dengan lagu Cublak-Cublak Suweng, lagu daerah di Jawa Timur selanjutnya juga memiliki makna yang tidak kalah dalam. Berjudul Re Sere Penang, lagu ini menceritakan tentang nilai-nilai kebaikan dan ajakan untuk melakukan kebaikan. Karena sikap baik kitalah yang akan menjadi bekal atau pegangan kita di masa depan.

Keraban Sape

Saban taone madura latan te rame
Banya kelaban badana kerraban sape
Banya rang manca pada datang dari jau
Bade nenggu a kerraban sape madura
E eeee sape menggir duli menggir
E eeee sape menggir duli menggir

Nah, kalau lagu yang satu ini memiliki makna yang unik. Tidak seperti lagu daerah Jawa Timur lain yang mengandung pesan-pesan kebaikan, lagu Keraban Sape justru menceritakan tentang budaya dan tradisi sebuah wilayah.

Yup, dari judulnya kamu mungkin bisa menebak bahwa lagu ini menceritakan tentang keseruan lomba karapan sapi yang sering dilakukan oleh masyarakat Madura. 

Set-Seset Maloko

Set-seset maloko'
Iya tompe, iya bu'bu'
Tompena bagi ka mama'na
Bu'bu'na bagi ka embu'na

Setelah Keraban Sape, lagu lain yang memiliki makna tidak kalah unik ialah Set-Seset Maloko' yang juga berasal dari Jawa Timur. Lagu ini tidak menceritakan tentang permainan tradisional, tetapi lagu ini sering dinyanyikan oleh anak-anak laki-laki saat sedang bermain layangan.

Selain menjadi lagu favorit anak laki-laki, lagu ini juga sering dinyanyikan oleh ibu-ibu saat menyuapi anaknya. Menariknya, lagu ini justru tidak ada hubungannya dengan anak-anak karena sebenarnya lagu ini justru menceritakan tentang peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat