visitaaponce.com

Bertahan Sebagai Cosplayer, Cypon Pernah Berprestasi di Egao Japan Festival

Bertahan Sebagai Cosplayer, Cypon Pernah Berprestasi di Egao Japan Festival
Cosplayer Cypon(Ist)

MENJADI cosplayer ternama adalah mimpi sebagian milenial. Ini pula yang dibayangkan milenial asal Cilacap, Jawa Tengah, Fanda Kanugrahaeni, ketika mengenal dunia cosplay.

Perempuan kelahiran 20 Agustus 1999 yang memiliki nama panggung Cypon itu mengaku sudah menekuni bidang cosplay sejak 2014 lalu.

Pemilik akun Instagram @ci.pon ini mulai masuk ke dunia cosplay dengan karakter Rikka Takanashi dari anime Chunnibyou.

Baca juga: Indonesia Comic Con 2023 Pacu Pengembangan Karakter IP Komik dan Tampilnya Diva Lagu Anime

"Setelah itu, saya melanjutkan karir sebagai group idol dance cover dari anime LoveLive yang diberi nama Starrush."

"Saat itu saya melakukan dance cover sambil cosplay dengan karakter yang ada pada karakter anime tersebut," ujar dia melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/7).

Menurut dia, setelah dirinya graduate dari Starrush, ia memilih mengikuti group idol SMA yang bernama idol group Galaxias.

"Di situ saya menjalani idol group selama satu tahun pada berbagai event di Purwokerto," ucapnya.

Setelah lulus SMA, ia memutuskan hijrah dan pindah ke ibu kota Jakarta. Di Jakarta, ia berusaha tetap fokus bekerja di bidang yang sama. Cosplay tetap menjadi pilihannya.

Perjuangannya pun tak sia-sia. Dirinya mampu membuktikan diri bisa bertahan dan sukses di bidang tersebut. 

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun, AEON Mall BSD City Gelar Festival Musim Panas Jepang

Berbagai event cosplay diikutinya, seperti Ennichisai 2019, yang membuat dirinya menjadi cosplayer dengan karakter favoritnya yaitu Toga Himiko dari My Hero Academia.

Saat karirnya tengah moncer, pandemi covid-19 tiba-tiba melanda dunia, termasuk Indonesia.

Berbagai event pun otomatis dihentikan. Di saat itulah, dirinya sempat vakum selama beberapa tahun hingga memutuskan kembali pindah ke kota lain.

"Saya memutuskan pindah ke Yogyakarta. Di kota ini saya kembali menjalani karir menjadi cosplayer pada berbagai event di Yogyakarta. Saya juga aktif meng-upload cosplay di Instagram," jelasnya.

Selama menjadi cosplayer, Cypon cukup berprestasi. Dirinya tercatat pernah menjuarai beberapa kejuaraan seperti Juara 2 Dance Cover LoveLive di Egao Japan Festival 2015 dan Juara Coswalk dalam acara Botani Cosplay Invasion 3 pada 2019.

"Mimpi saya ke depan, akan terus melanjutkan karir sebagai cosplayer di berbagai event. Juga ingin melanjutkan karir sebagai idol group," pungkasnya. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat