visitaaponce.com

Jemaah Haji Dapat Jatah 10 Liter Zamzam

Jemaah Haji Dapat Jatah 10 Liter Zamzam
Koper-koper jemaah haji dibongkar untuk mengeluarkan air zamzam yang terdeteksi oleh pemeriksaa x-ray.(MI/MCH 2023)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kabar gembira bagi jemaah haji Indonesia 1444 H/2023 yang hendak pulang ke Tanah Air. Kini, mereka mendapat 10 liter air zamzam yang bisa diambil setiba di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Menag saat melepas 369 jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam Hang Nadim (BTH-01). Jemaah itu merupakan kloter perdana yang kembali ke Tanah Air.

"Kalau sebelumnya Pemerintah Saudi memberikan zamzam jatah hanya 5 liter. Sebagai hadiah buat Bapak, Ibu sekalian, kami mengusahakan 5 liter lagi. Jadi Bapak, Ibu sekalian nanti mendapatkan 10 liter zamzam yang bisa diambil di embarkasi masing masing," papar Menag, di Syisyah, Mekah, Senin (3/7) sore.

Baca juga: Kemenag: Tim Investigasi Masih Mengkaji Kerugian yang Dialami Jemaah Haji Indonesia

Tambahan 5 liter zamzam itu diberikan di tengah banyaknya temuan zamzam di koper-koper bagasi jemaah haji yang hendak pulang ke Tanah Air. Padahal, pihak maskapai melarang penumpang membawa zamzam.

"Mudah-mudahan air zamzam yang dibawa ke rumah Bapak, Ibu masing-masing membawa berkah bagi kita semua," tutur Menag.

Yaqut lantas mendoakan para jemaah haji Indonesia pulang kembali ke Tanah Air dengan predikat haji yang mabrur. Menag juga meminta doa untuk para petugas yang masih bekerja melayani jemaah haji agar diberikan kekuatan, kesabaran, dan istiqomah dalam menjalankan tugas.

Baca juga: Layanan Haji 1444 Hijriah Amburadul, Menteri Saudi Minta Maaf ke Menag Yaqut

Pemulangan jemaah haji gelombang pertama melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA), Jeddah, berlangsung dari 4 – 18 Juli 2023.

Jemaah haji yang berangkat pada gelombang kedua, akan menuju Madinah mulai 10 Juli 2023. Mereka akan berada di Madinah sekitar delapan atau sembilan hari.

Proses pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah akan berlangsung pada 19 Juli – 2 Agustus 2023. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat