visitaaponce.com

Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Rabies Terpenuhi di Daerah

Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Rabies Terpenuhi di Daerah
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi(Dok Kemenkes)

KEPALA Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan Vaksin Anti Rabies (VAR) dan Serum Anti Rabies (SAR) cukup terpenuhi di daerah-daerah. Penanganan rabies ada dua tahap dalam penanganannya hewan pembawa rabies sekitar 95% dari anjing, kucing, dan kera.

"Vaksin rabies untuk hewan dari Kementerian Pertanian sudah membeli 200 ribu dosis vaksin dan dukungan khusus di Bali juga sebanyak 200 ribu dosis dan di Nusa Tenggara Timur (NTT) 201.500 dosis karena kasusnya meningkat," kata Nadia dalam diskusi Forum Legislasi di Gedung Nusantara, Jakarta Pusat, Selasa (4/7).

Untuk tahap kedua pada manusia yang digigit hewan pembawa rabies mendapatkan penanganan, ada dua yang dilakukan yakni pemberian Vaksin Anti Rabies (VAR) yang secara nasional memiliki 258 ribu vial.

Baca juga : 1.733 Kasus Gigitan Hewan Terjadi di Jakarta, Tak Terindikasi Rabies 

"Ini tentu kita buat dari berdasarkan perencanaan tahun sebelumnya. Tentu pada pandemi menurun tapi kita gunakan rata-rata dari angka sebelumnya," ujarnya.

Baca juga : DKI Jakarta Nihil Kasus Positif Rabies

Sementara Serum Anti Rabies (SAR) Kemenkes memiliki 2.500 vial belum ditambah dengan penyediaan pada daerah-daerah yang endemis karena saat ini masih ada 25 provinsi endemis rabies yang bersumberkan APBD masing-masing.

Ia menjelaskan jika ada daerah yang kekurangan SAR atau VAR maka pusat akan menyuplai stok nasional maupun provinsi juga sudah menangani baik dari dinas kesehatan maupun dinas peternakan.

"Semoga nanti kalau ada kebutuhan tambahan bisa bersurat kepada kami mungkin kami akan menggerakkan stok nasional yang akan digerakkan ke sana. Itu untuk menjawab kasus-kasus luar biasa," pungkasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat