visitaaponce.com

Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Umrah bersama Keluarga

Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Umrah bersama Keluarga
Rombongan umrah Hellwa Group Berkah(dok: Helwa Grruop Berkah)

Umrah adalah haji 'kecil' yang dilakukan dengan cara berihram, tawaf, sa’i, dan bercukur, tanpa wukuf di Padang Arafah. Pelaksanaannya dapat bersamaan dengan waktu haji atau di luar waktu haji.

Menurut Ustadz Abdillah Syah Rizal, dalam sejumlah hadits disebutkan, keutamaan umrah salah satunya ialah menghapus dosa-dosa.  Suatu umrah kepada umrah yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan selain surga.

Ustadz Abdillah mengatakan melaksanakan ibadah umrah untuk mengisi liburan dapat menjadi pilihan bagi keluarga dalam menanamkan nilai pendidikan agama. Umrah bersama keluarga juga memiliki keutamaan serta manfaat yang sangat besar, di antaranya adalah meningkatkan kualitas hubungan antaranggota keluarga.

“Umrah bersama keluarga adalah momentum berharga untuk meningkatkan hubungan dan ikatan antar anggota keluarga, karena akan hadir pengalaman pemgalaman yang baik yang penuh emosional,” terang pria yang juga komisaris PT Helwa Group Berkah, dalam keterangan resminya, Jumat (21/7)

Ustadz menjelaskan, melaksanakan ibadah umrah merupakan perjalanan spiritual yang berujung kepada usaha manusia untuk mencapai kesucian. Ketika beribadah umrah, setiap anggota keluarga akan dapat merasakan pengalaman untuk mencapai kesucian diri.

"Perjalanan umrah bersama keluarga adalah kesempatan untuk menjadi dan membangun pribadi yang lebih baik, karena setiap jamaah yang merupakan anggota keluarga akan saling mendukung dan saling menginspirasi,'' paparnya.

Selain itu, orang tua yang memberi pengalaman berumrah kepada anak-anak atau anggota keluarga juga dapat merangsang semangat beribadah dan selalu rindu kepada Tanah Suci hingga suatu hari nanti ingin kembali. 

“Keindahan Tanah Suci pn selalu mengundang orang yang pernah mengunjunginya senantiasa ingin kembali ke sana untuk beribadah,” jelasnya.

Ustadz Abdillah menambahkan, sebagai salah satu penyelenggara umrah di Tanah Air, Helwa Group Berkah memahami keutamaan ibadah umrah bersama keluarga.  Untuk itu, program umrah mereka selalu menerapkankan konsep umrah penuh dengan rasa kekeluargaan.

Konsep kekeluargaan juga diterapkan selama ibadah di Tanah Suci. Panitia mewajibkan sesi perkenalan bagi semua peserta.  Satu jamaah dengan jamaah lain diharapkan menjadi sebuah keluarga besar demi menciptakan lingkungan yang memfasilitasi terciptanya interaksi positif  sesama jamaah. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat