visitaaponce.com

Passion Flower Manfaat, Efek Samping dan Cara Pengolahannya

Passion Flower: Manfaat, Efek Samping dan Cara Pengolahannya
Bunga berwarna ungu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak manfaat dari passion flower, termasuk efek samping dan cara pengolaha(Freepik)

PASSIFLORA atau passion flower adalah jenis bunga yang diklaim memiliki manfaat kesehatan. Dulu, suku Indian menggunakan bunga ini untuk mengobati masalah kesehatan seperti luka, sakit telinga, penyakit hati, hingga bisul.

Nama “passion flower” disebut pertama kali muncul ketika misionaris Kristen tiba di Amerika Selatan pada abad 16. Kala itu, mereka menemukan tanaman yang dirasa sebagai pertanda baik untuk misi mereka serta dianggap simbol kematian Yesus Kristus.

Manfaat 

Baca juga: Kenali Bunga Maypop, Bunga yang Dapat Obati Gejala Kecemasan

Di Eropa, orang-orang juga banyak menggunakan bunga dengan 550 spesies ini untuk mengatasi susah tidur atau cemas. Selain itu, beberapa studi yang bisa menjadi acuan manfaat dari passion flower adalah:

1. Potensi menenangkan pikiran

Baca juga:Ketahui Bahaya Self Diagnosis Kesehatan Mental

Bunga dengan nama lain maypop ini disebut bisa mengatasi insomnia hingga cemas berlebih. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan level gamma-aminobutyric acid (GABA) di dalam otak. Zat ini dapat membuat kinerja otak lebih perlahan sehingga membuat pikiran rileks dan tidur nyenyak.

Dalam percobaan yang dipublikasikan di Phytotherapy Research, partisipan yang setiap harinya mengonsumsi teh herbal dengan passion flower ungu merasakan kualitas tidurnya membaik. Eksperimen ini dilakukan selama 7 hari.

Selain itu, ada juga studi yang menunjukkan jenis bunga serupa mengurangi kecemasan berlebih. Studi dilakukan terhadap pasien yang akan menjalani prosedur operasi. Mereka mengaku tidak merasa terlalu cemas.

2. Potensi membuat perut lebih nyaman

Ada anggota lain dari Passiflora yang bisa mengobati masalah pencernaan, yaitu Passiflora foetida. Nama lain untuk tanaman ini adalah stinking passionflower. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Pharmacology, peneliti mencari tahu lebih lanjut potensinya dalam mengobati tukak lambung pada tikus.

Lebih jauh lagi, studi yang dipublikasikan di BioMed Research International memperlihatkan manfaat dari Passiflora serratodigitata. Ekstrak dari daun dan batangnya dapat menyembuhkan tukak lambung pada tikus. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia.

Kedua manfaat di atas masih perlu penelitian lebih lanjut, apakah juga berdampak sama pada manusia. Berbeda jenis passion flower, bisa berlainan pula efek yang ditimbulkan.

Ada yang menyebut ekstrak bunga ini dapat mengurangi stres atau meredakan gejala attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), rasa nyeri, dan keluhan lainnya. Namun lagi-lagi, belum ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim itu.

Zat kimia yang ada dalam passion flower memiliki efek menenangkan, menyebabkan kantuk, serta membuat otot lebih rileks. Dulunya, penggunaan ekstrak ini sempat disetujui sebagai kandungan obat penenang dan obat tidur yang dijual bebas.

Pada 1978, Food and Drug Administration AS menarik izin edarnya. Alasannya, tidak diketahui pasti bukti keamanan dan efektivitas penggunaannya.

Efek samping dan risiko

Secara umum, ekstrak dari passion flower aman dikonsumsi. Meski demikian, tetap ada kemungkinan muncul efek samping seperti:

  • Mengantuk
  • Pusing
  • Kebingungan

Oleh sebab itu, disarankan tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat penenang. Seperti pentobarbital, phenobarbital, secobarbital, clonazepam, lorazepam, dan zolpidem.

Jika dikonsumsi bersamaan, dikhawatirkan efeknya menjadi berlebihan. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan mengonsumsinya, karena dapat memicu kontraksi rahim.

Cara Pengolahannya

Coba siapkan bunga passion flower yang telah kering dalam wadah teh. Tambahkan 8 ons air mendidih dengan sesendok teh bunga passion flower kering. Biarkan campuran teh dan bunga kering meresap menjadi satu lalu minum. Tambahkan gula bila suka. Batasi minum teh passiflora ini satu cangkir saja sebelum tidur.

Jika anda sedang hamil atau sedang memberikan asi ekslusif sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam bentuk apapun. Bila anda ingin berkendara atau menggerakan mesin berat, sebaiknya jangan meminum teh ini. 

Pasalnya, obat yang merupakan anti cemas dan anti depresi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kelelahan, pandangan kabur, dan kehilangan konsentrasi. Namun begitu dengan panduan ahli medis passiflora dapat digunakan untuk mengobati insomnia atau detak jantung yang tak wajar. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat