visitaaponce.com

Kenali Bunga Maypop, Bunga yang Dapat Obati Gejala Kecemasan

Kenali Bunga Maypop, Bunga yang Dapat Obati Gejala Kecemasan
Bunga Maypop(Pixabay)

Bunga maypop atau passion flower dikenal memiliki manfaat untuk masalah kecemasan. Bunga ini berasal dari keluarga Passiflora dan terdapat sekitar 500 spesies yang berkembang. Beberapa penelitian menunjukkan spesies tertentu mungkin memiliki manfaat pengobatan. Misalnya, Passiflora incarnata yang dapat membantu mengobati kecemasan dan insomnia.

Penduduk asli Amerika telah menggunakan bunga maypop untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk bisul, luka, sakit telinga, dan masalah hati. Penjelajah Spanyol belajar tentang bunga maypop dari penduduk asli Peru. Mereka menamai tanaman ini karena kemiripannya dengan salib. Dalam tradisi Kristen, "The Passion" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan periode terakhir kehidupan Yesus Kristus, termasuk penyalibannya.

Di Eropa, orang telah menggunakan P. incarnata untuk mengobati kegelisahan dan agitasi. Beberapa di antaranya menggunakannya untuk mengobati kecemasan. Buah ini juga digunakan untuk membumbui minuman tertentu.

Baca juga: Waspadai Kecemasan Berlebih Akibat Gangguan Tiroid

Manfaat Bunga Maypop

Penelitian dari National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) atau Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional menunjukkan bahwa maypop dapat membantu meredakan kecemasan dan insomnia. Spesies passionflower lainnya juga memiliki manfaat untuk mengobati masalah perut.

P. incarnata memiliki banyak nama umum, termasuk bunga ‘passion’ ungu dan maypop. Studi awal menunjukkan maypop mungkin membantu meringankan insomnia dan kecemasan, yakni untuk meningkatkan tingkat asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak Anda. Senyawa ini menurunkan aktivitas otak, yang dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Studi: Meditasi Mindfulness Sama Efektif dengan Minum Pil Penenang

Dalam uji coba yang dipublikasikan di Penelitian Phytotherapy, peserta meminum teh herbal dosis harian dengan bunga maypop. Setelah tujuh hari, mereka melaporkan peningkatan kualitas tidur mereka. Para peneliti menyarankan bahwa passionflower ungu dapat membantu orang dewasa mengatasi ketidakteraturan tidur ringan.

Beberapa percobaan menunjukkan bahwa bunga maypop juga dapat meredakan kecemasan. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Anestesi dan Analgesia meneliti efeknya pada pasien yang dijadwalkan untuk operasi. Pasien yang mengonsumsinya dilaporkan lebih sedikit mengalami kecemasan daripada mereka yang menerima plasebo.

Spesies lain dari keluarga Passiflora mungkin membantu mengatasi masalah perut. Passiflora foetida lebih dikenal sebagai bunga ‘passion’ yang bau. Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan di Jurnal Farmakologi India, peneliti memeriksa potensinya untuk mengobati sakit maag. Mereka menemukan bahwa maypop dapat membantu meringankan bisul pada tikus, yang menunjukkan potensi antioksidan.

Dalam studi lain yang dilaporkan di BioMed Research International bahwa Passiflora serratodigitata dapat mengobati bisul pada tikus. Namun, tentu saja hal ini harus ditelitik lebih lanjut pada manusia.

Risiko Konsumsi Maypop

Menurut NCCIH, bunga maypop umumnya dianggap aman. Tapi Anda dapat merasakan efek samping seperti kantuk, pusing dan kebingungan. Oleh karena itu, maypop tidak boleh diminum dengan obat penenang. Juga, maypop juga tidak aman untuk wanita hamil atau wanita menyusui, karena dapat menyebabkan kontraksi jika Anda hamil.

Cara Konsumsi Maypop

Anda bisa menambahkan bunga maypop kering ke dalam air mendidih untuk membuat teh herbal. Anda juga dapat menemukan bunga maypop kering atau dalam bentuk teh kemasan di banyak toko makanan kesehatan, hingga dalam bentuk ekstrak cair, kapsul, dan tablet. Untuk itu, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat