visitaaponce.com

Mitos atau Fakta, Konsumsi Telur Dapat Menyebabkan KolestrolTinggi

Mitos atau Fakta, Konsumsi Telur Dapat Menyebabkan Kolestrol Tinggi?
Dalam sebutir telur terkandung 185-200 miligram kandungan kolesterol. Bila dikonsumsi dengan tepat, telur bagus untuk kesehatan.(Freepik)

MUNGKIN, kamu pernah mendengar bahwa konsumsi telur bisa berujung pada kolesterol tinggi. Namun, apakah hal ini benar? Ternyata, tidak sepenuhnya salah, lho. 

Sebutir telur memiliki kandungan kolesterol sebesar 185 sampai 200 miligram. Sedangkan, kebutuhan kolesterol harian tubuh maksimal hanya sebesar 300 miligram.

Nah itu artinya, mengonsumsi dua butir telur saja sudah melebihi angka maksimal asupan kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Terlebih dengan makanan lain yang kamu konsumsi. Sudah pasti, jika asupan makanan tidak diperhatikan, angka kolesterol tentu akan melambung dan meningkatkan terjadinya risiko penyakit stroke maupun masalah pada kardiovaskular.

Baca juga: Ini Tips Makan Daging Bagi Penderita Kolesterol

Tidak heran jika banyak orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi enggan untuk mengonsumsi makanan ini. Padahal, meski memiliki riwayat kolesterol, tetapi kamu tetap boleh kok mengonsumsi telur sebagai menu makanan harian. 

Namun, perhatikan, konsumsinya tetap saja tidak boleh terlalu banyak. Jangan lupa perhatikan pula asupan makanan lain yang kamu konsumsi.

Baca juga: Daging Kambing Yes, Kolesterol No! Simak 4 Tips Sehat Berikut Ini

Sebagian besar kolesterol dalam telur terkandung pada bagian kuning telur. Sementara pada bagian putihnya, kandungan kolesterolnya terbilang rendah. Namun, kolesterol yang terkandung dalam telur, bagi pengidap kolesterol tinggi tetap saja dianggap membahayakan. 

Padahal, kenaikan kolesterol dalam darah tidak hanya karena konsumsi telur, justru makanan berikut inilah yang memicu kenaikan kolesterol dalam darah:

  • Keju;
  • Daging berlemak;
  • Kulit ayam;
  • Mentega;
  • Es krim;
  • Jeroan.

Konsumsi telur antara 4-5 butir setiap minggunya terbilang masih aman kok bagi pengidap kolesterol tinggi. Artinya, satu hari konsumsinya tidak lebih dari satu butir, ya. Apabila kamu khawatir akan kenaikan kolesterol tubuh, kamu bisa menghindari mengonsumsi bagian kuningnya dan hanya memakan bagian putihnya.

Meskipun  begitu, alangkah lebih baik lagi jika kamu bertanya terlebih dahulu pada dokter, sehingga konsumsi telur tidak berdampak terlalu negatif untuk kesehatan tubuhmu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat