visitaaponce.com

Megawati Lantik Amarulla Octavian sebagai Wakil Kepala BRIN

Megawati Lantik Amarulla Octavian sebagai Wakil Kepala BRIN
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri(Antara )

KETUA Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri melantik Amarulla Octavian sebagai wakil kepala BRIN pada Kamis (3/8).

Dalam pelantikan itu, Megawati mengungkapkan bahwa jabatan yang diemban Amarulla merupakan tanggung jawab bagi bangsa dan negara. Sebelum melantik, Megawati pun mengambil sumpah wakil kepala BRIN itu.

"Sebelum saya mengambil sumpah, saya akan bertanya kepada saudara. Apakah Saudara bersedia mengucapkan sumpah menurut agama yang Saudara anut?" tanya dia.

Baca juga: BRIN Prioritaskan Riset Bonus Demografi dan Pangan

"Bersedia," ungkap Amarulla.

Sebagai informasi, Amarulla sebelumnya menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan sejak 9 April 2020. Ia menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Laut dan lulus pada 1988. Selain itu, ia menyelesaikan gelar doktornya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2013.

Baca juga: BRIN: Era Mobil Bertenaga Hidrogen Mulai di 2030

Pria kelahiran Surabaya, 1965 itu juga pernah menduduki sejumlah jabatan penting, di antaranya sebagai ajudan presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dan sebagai Kepala Gugus Tugas Tempur Laut Wilayah Barat pada 2012 sampai 2013.

Pada kesempatan itu Kepala BRIN Tri Laksana Handoko berharap, kehadiran Amarulla mampu membuat BRIN melaju lebih cepat dalam memajukan riset Indonesia.

"Keberadaan Wakil Kepala BRIN menjadi tumpuan kami semua dan khususnya saya secara pribadi. Saya secara personal sudah banyak berdiskusi dengan Pak Octavian sebelumnya dan kami sudah mulai mendiskusikan banyak hal dan strategi untuk melakukan percepatan pelaksanaan tugas-tugas yang diemban BRIN," ucap Handoko. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat