visitaaponce.com

UNJ Gelar Workshop Learning Environment bagi Guru, Dosen, dan Mahasiswa

UNJ Gelar Workshop Learning Environment bagi Guru, Dosen, dan Mahasiswa
Assoc Prof Rekha Koul memberikan materi lingkungan pembelajaran di FMIPA Universitas Negeri Jakarta.(Ist)

LEARNING environment atau lingkungan pembelajaran memiliki peran penting dalam membantu siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Lingkungan pembelajaran memengaruhi capaian siswa, kemampuan berpikir kritis, sikap, keberhasilan akademik, dan kreativitas siswa pada bidang sains. Hal ini membuat pendidik harus mampu dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik bagi siswa.
 
Terkait hal ini, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Learning Environment Workshop: Research and Publication dengan melibatkan kolaborasi antara Komunitas Guru Peneliti dan Learning Environment Research Group. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12-13 Juli dengan diikuti 83 peserta.

Kegiatan dilaksanakan secara luring di Gedung FMIPA UNJ dan daring  melalui platform Zoom. Pada hari pertama disampaikan materi perkenalan terkait lingkungan pembelajaran oleh Prof Yuli Rahmawati, penelitian lingkungan pembelajaran oleh Dr Susi Fitri MSi Kons, dan penjelasan terkait desain penelitian dan pengumpulan data oleh Assoc Prof Rekha Koul. Peserta mendapat kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab di akhir penyampaian materi.


Baca juga: Ukrida Perkuat Motivasi dan Optimisme lewat Gathering Alumni MM

 
Pada hari berikutnya, workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi analisis data dan publikasi oleh Rekha Koul. Peserta diberikan pelatihan untuk mengolah data menggunakan software pengolahan data statistik SPSS. Setelah peserta dapat mengolah data yang diberikan, peserta diminta untuk mendesain penelitian lingkungan pembelajaran baik secara individu maupun kelompok.
 
Melalui workshop ini, peserta diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik dan dapat merancang hingga mempublikasi penelitian terkait lingkungan pembelajaran. Sehingga workshop ini berdampak dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan kepedulian pendidik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik.

Prof Yuli menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kontribusi UNJ sebagai founder Learning Environment Research Group Indonesia. "Kami berharap dapat meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar sesuai kebijakan kementerian," kata Yuli yang juga Koordinator Prodi Kimia UNJ dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/8). (RO/I-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat