visitaaponce.com

Penting Bagi Kesehatan, Ketersediaan Air Bersih Perlu Jadi Perhatian Bersama

Penting Bagi Kesehatan, Ketersediaan Air Bersih Perlu Jadi Perhatian Bersama
Webinar mengenai air yang digelar Prodia OHI(Dok. Prodia OHI)

AIR menjadi salah satu unsur penting bagi kesehatan manusia. Karena itu ketersediaan air bersih untuk digunakan dan dikonsumsi perlu menjadi perhatian semua pihak. Hal itu terungkap dalam webinar bertajuk Water Safety & Quality for Our Health yang digelar Prodia Occupational Health Indonesia (Prodia OHI) dalam seri edukasi POHI PROVEN.

"Prodia OHI melihat demikian besarnya peran air bagi kelangsungan kehidupan manusia. Keamanan dan kualitas air yang kita gunakan dan dikonsumsi tentu sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga oleh semua pihak.” kata Marissa Apriyeni, Manager Prodia Food Health Laboratory.

Bambang Wispriyono dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengatakan, akses air minum yang aman di Indonesia masih dibawah 20% dan menjadi tugas bersama untuk meningkatkan hal tersebut. Bambang juga mengajak masyarakat untuk senantiasa bijak dalam pengelolaan dan penggunaan air: 

Baca juga : Dukung Program Air Bersih, Mpoin Hadirkan Tangki Air Anti-Mikroba dan Anti-Lumut

“Sebagai pribadi yang menggunakan air harus ramah lingkungan dengan cara menjaga konservasi & pelestarian lingkungan, sayang kepada diri sendiri dan keluarga dengan tidak mengonsumsi air yang mengandung cemaran dan sebagai provider yang menyediakan dan mengolah air, hendaknya menjadi provider menyediakan air yang aman bagi masyarakat," katanya.

Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Made Partiana mengatakan, pemerintah daerah selalu berkomitmen menjaga kesehatan masyarakat dengan mengadakan uji petik secara berkala dalam rangka memastikan kualitas air yang digunakan masyarakat, terkhusus bagi pelaku usaha dan industri wisata di Bali yang telah memenuhi syarat kesehatan dan aman dari cemaran.

Baca juga : Ini Anjuran Jumlah Asupan Air Harian yang Tepat Sesuai Usia

Ahli Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana I Nengah Kencana Putra mengatakan, kualitas air yang digunakan dalam pengolahan produk makanan, baik dalam proses pencucian bahan makanan, sebagai bahan baku maupun air yang digunakan dalam proses memasak seperti merebus makanan harus memiliki kualitas yang baik dan aman.

"Setara dengan kualitas air minum sehingga produk makanan yang dihasilkan aman apabila dikonsumsi masyarakat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan," katanya. 

Prodia Food Health Laboratory Bali adalah salah satu unit layanan dari Prodia OHI yang memberikan layanan laboratorium kesehatan masyarakat dengan berfokus pada keamanan pangan termasuk didalamnya keamanan dan kualitas air. Pada tahun 2022 yang lalu, Prodia FHL telah diakui sebagai salah satu laboratorium penguji yang terakreditasi ISO 17025. 

“Harapan kami, Prodia FHL dapat menjadi pusat laboratorium keamanan pangan yang dapat mendukung kegiatan di industri F&B, pariwisata dan FMCG serta bidang usaha lain seperti perkantoran, perumahan, kantin/catering, UMKM dan masyarakat umum yang membutuhkan pengujian makanan dan air di Indonesia terkhususnya di wilayah Indonesia Timur.” Marissa menyampaikan harapannya

Prodia FHL yang berlokasi di Jl. Danau Buyan No. 10, Sanur memiliki layanan unggulan berupa uji mikrobiologi, kimia untuk kualitas pangan dan air serta uji nilai gizi. Uji mikrobiologi diantaranya terdiri dari pemeriksaan E. coli, Coliform, Staphylococcus aureus, Enterobacteriaceae, Salmonella, dan Listeria monocytogenes. Uji kimia dilakukan untuk mendeteksi kadar bahan kimia seperti logam berat dan cemaran kimia lainnya yang kadarnya diatur dalam regulasi pemerintah. Khusus untuk pengujian kualitas air bersih & minum, Prodia FHL memberikan promo khusus keringanan biaya 17% mulia tanggal 14 Agustus hingga 30 September 2023. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat