visitaaponce.com

Wapres Dukung Regulasi soal Publisher Right, Rancangannya Ada di Meja Presiden

Wapres Dukung Regulasi soal Publisher Right, Rancangannya Ada di Meja Presiden
Wapres mengaktan publisher right dinilai dapat mendorong hubungan yang sehat antara media dan platform digital.(Dok. Setwapres)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan mendukung regulasi yang memuat publisher right atau hak penerbit. Aturan itu dinilai dapat mendorong hubungan yang sehat antara media dan platform digital.

"Soal publisher right itu saya dulu sudah mendukung," ujar wapres pada media di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Kamis (10/8).

Wapres menuturkan ia telah bertemu dan berdiskusi dengan para penerbit, pimpinan redaksi dan perwakilan media. Aspirasi dari media massa, terang wapres, akan ia sampaikan pada Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Hadiri Haul ke-514 Sunan Bonang, Wapres Ingatkan Kembali Pentingnya Merawat Toleransi

Seperti diberitakan, rancangan pemerintah berencana memberlakukan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Hak Penerbit (Publisher Rights) yang bertujuan mendukung jurnalisme berkualitas. Peraturan itu akan mewajibkan platform digital, seperti Google dan Facebook, untuk memastikan bahwa konten berita yang mereka distribusikan mendukung jurnalisme yang berkualitas, demokratisasi, serta prinsip keberagaman.

"Saya sudah menyampaikan kepada presiden dan sekarang sebenarnya rancangannya sudah ada di tangan presiden, jadi masih menunggu, saya nanti akan saya tanyakan kepada presiden," janji Wapres Amin.

Baca juga: Wapres Tegaskan Pemerintah tidak akan Intervensi Putusan Ringan Ferdy Sambo

Wapres menegaskan komitmennya mendukung Perpres tentang Hak Penerbit sebagaimana hasil pertemuan dengan perwakilan media. Ia mengungkapkan rancangan aturan itu sudah ada di meja presiden.

" Sudah sampaikan kepada presiden, sudah diproses dan sekarang sudah ada di meja presiden," terang wapres. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat