visitaaponce.com

Memperingati Kemerdekaan RI ke-78, Amanat Pembina Upacara Hadirkan Semangat Persatuan dan Patriotisme

Memperingati Kemerdekaan RI ke-78, Amanat Pembina Upacara Hadirkan Semangat Persatuan dan Patriotisme
Ilustrasi - contoh amanat pembina upacara.(Rumgapres)

DALAM setiap upacara bendera selalu ada amanat pembina upacara. Biasanya mereka yang dipilih menjadi pembina upacara akan mencampaikan kata-kata bijak yang menggugah rasa patriotisme dan mengingatkan kita akan nilai-nilai luruh yang diwariskan para pendahulu. 

Biasanya pembina upacara ini mereka yang memiliki peran penting di lingkungan, sekolah, kantor, atau pun pemerintahan. Seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pejabat pemerintahan, atau tokoh masyarakat.

Pembina upacara harus memiliki kemampuan dalam merangkai pesan-pesan yang akan disampaikan dengan matang dan jelas. Dengan begitu, para peserta upacara dapat memahami sepenuhnya dan melaksanakan amanat dengan tepat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Baca juga : Contoh Teks Protokol Upacara Bendera Kemerdekaan 17 Agustus

Kamu terpilih jadi pembina upacara dan bingung merangkai kata? Coba simak contoh amanat pembina upacara berikut.

Contoh Amanat Pembina Upacara berikut: 

Salam sejahtera, 
Rekan-rekan yang saya cintai,

Baca juga : Kahitna Konser Dadakan di Istana

Hari ini, kita berkumpul dalam kebersamaan yang penuh makna untuk merayakan peringatan yang istimewa, yaitu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Tema peringatan kita pada tahun ini sangat berarti, "Hadirkan Semangat Persatuan dan Patriotisme." Dalam tema ini terdapat panggilan kuat kepada kita semua untuk menjaga dan menghidupkan semangat persatuan serta memupuk jiwa patriotisme dalam hati setiap anak bangsa.

Kita melangkah dalam jejak-jejak yang telah ditinggalkan oleh para pahlawan dan pejuang kemerdekaan kita, mereka yang dengan penuh semangat dan tekad mengorbankan segalanya demi kemerdekaan. Semangat persatuan adalah pondasi yang kuat bagi keberhasilan mereka dalam merebut hak kemerdekaan, dan semangat inilah yang harus terus mengalir dalam nadi kita.

Patriotisme adalah cerminan cinta dan kesetiaan kepada Tanah Air. Hal ini tercermin dalam pengorbanan, dedikasi, dan keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi negeri kita tercinta. 

Baca juga : Peringatan Detik-Detik Proklamasi di TPA Sampah Jabon Sidoarjo Berlangsung Khidmat

Mari kita hadirkan patriotisme ini dalam tindakan-tindakan nyata, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, membantu sesama, hingga berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Dalam era yang serba dinamis dan kompleks ini, menjaga persatuan dan merawat patriotisme bukanlah perkara mudah. Namun, kita telah membuktikan dalam sejarah, bahwa sebagai bangsa kita mampu melewati setiap cobaan dengan kepala tegak dan hati yang kuat. Kita memiliki kekayaan budaya dan keragaman yang menjadi kekuatan, bukan sebaliknya. Mari kita pelihara toleransi, saling menghormati, dan mengatasi perbedaan dengan dialog yang bijak.

Para Pejabat dan Tamu Undangan yang terhormat 

Baca juga : Sepatu Paskibraka Pembawa Baki Bendera Terlepas, saat Upacara di Istana Merdeka

Tanggung jawab membangun Indonesia yang maju dan sejahtera tidak bisa dilakukan oleh sekelompok orang saja. Setiap individu memiliki peran dan kontribusi yang berharga. Marilah kita bersatu dalam semangat persatuan, bekerja sama dengan tekad tinggi untuk mencapai cita-cita bersama.

Kepada para generasi muda, kalian adalah harapan dan kebanggaan bangsa. Dalam tangan kalian, terletak masa depan Indonesia. Marilah kita terus belajar, berinovasi, dan berkarya dengan semangat patriotisme yang menggelora. Kalian adalah penerus bangsa yang akan meneruskan perjuangan memajukan Indonesia.

Sebelum saya mengakhiri amanat ini, mari kita seluruhnya menghadirkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa  yang telah memberikan kita kesempatan untuk menjalani perjalanan panjang sebagai bangsa merdeka.

Baca juga : Peringati HUT RI, Warga Bogor Gelar Upacara Bendera di Tengah Sungai Ciliwung

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Merdeka! Merdeka! Merdeka!

(Z-3)

Baca juga : HUT RI ke-78, Anies Baswedan Menang Dua Kali

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat